Jajal LRT Jabodebek, Jokowi: Saya Merasa Nyaman

Jokowi minta uji coba harus terus dilakukan secara berkala

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mencoba light rail transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok (Jabodebek) dari Stasiun Harjamukti Depok, Jawa Barat hingga Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat pada Kamis (3/7/2023).

Dalam agenda itu, Jokowi ditemani oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Menteri BUMN, Erick Thohir; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

"Ya, ini kan tadi mencoba dari Harjamukti ke Cawang, terus ini Cawang ke Dukuh Atas, nanti lagi Cawang ke Bekasi, Jati Mulya, saya sudah nyaman, saya rasakan semuanya nyaman," ujar Jokowi.

Baca Juga: Tarif Rute Terjauh LRT Jabodebek: Bekasi ke Dukuh Atas Rp23 Ribu

1. Jokowi minta uji coba secara berkala

Jajal LRT Jabodebek, Jokowi: Saya Merasa NyamanPresiden Jokowi saat berbincang santai sambil menyantap bakso dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Mantan Gubernur DKI Jakarta meminta LRT Jabodebek diuji coba secara berkala sebelum digunakan oleh masyarakat. Sehingga, masyarakat merasa aman dan nyaman.

"Yang paling saya selalu sampaikan, cek terus karena ini masih uji coba, ya berkaitan dengan sistem, yang berkaitan dengan keamanan, keselamatan," ucap dia.

Baca Juga: Pengumuman! Tarif LRT Jabodebek Dipatok Mulai Rp5 Ribu

2. Jokowi anggap wajar bila masih ada yang belum sempurna

Jajal LRT Jabodebek, Jokowi: Saya Merasa NyamanPekerja konstruksi di Proyek Stasiun LRT Jabodebek. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menganggap wajar bila ada yang belum sempurna dalam proyek LRT Jabodek. Sebab, proyek ini merupakan baru pertama kali dikerjakan.

"Ya, MRT itu kan baru kita bangun pertama kali, LRT juga baru pertama kali kita bangun, kereta cepat juga baru pertama kali. Jadi, kalau ada yang masih kurang sempurna, masih ada perbaikan, masih ada koreksi, ya memang semuanya harus dievaluasi," ucap dia.

3. Jokowi kembali tegaskan uji coba penting dilakukan

Jajal LRT Jabodebek, Jokowi: Saya Merasa NyamanPenampakan dalam gerbong LRT Jabodebek. (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Jokowi kembali menegaskan, uji coba penting dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan.

"Makanya uji coba ini penting sekali agar betul-betul nanti pada saat digunakan masyarakat, keselamatan dan keamanannya baik semuanya," imbuhnya.

Baca Juga: Tarif Rute Terjauh LRT Jabodebek: Bekasi ke Dukuh Atas Rp23 Ribu

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya