Jokowi akan Umumkan Status Pandemik COVID-19 Jadi Endemik Bulan Ini

Jokowi menyebut saat ini masih dalam proses transisi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan mengumumkan status pandemik COVID-19 menjadi endemik pada Juni 2023. Menurutnya, saat ini masih proses transisi pandemik menjadi endemik.

"Ya, (proses transisi) ini dimatangkan lah seminggu, dua minggu ini segera diumumkan, karena memang sudah semuanya sudah landai," ujar Jokowi di Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga: Jokowi Segera Umumkan Status Pandemik COVID-19 Jadi Endemik

1. Jokowi ingin pastikan data sebaran COVID-19 di Indonesia sudah aman

Jokowi akan Umumkan Status Pandemik COVID-19 Jadi Endemik Bulan IniPresiden Joko "Jokowi" Widodo (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi mengaku ingin memastikan sebaran COVID-19 di Indonesia sudah aman atau tidak, sebelum mengambil keputusan terkait endemik.

"Ini nanti yang akan didetilkan, jumlah kasus misalnya kaya dua hari yang lalu hanya 217 kemudian kasus aktif 10.200-an. Vaksinasi kita juga sudah di atas 452 juta dosis dan lain-lainnya, sehingga kita kemarin rapat dan sudah kita putuskan untuk masuk ke endemik, tetapi kapan diumumkan baru dimatangkan dalam seminggu-dua minggu," kata dia.

Baca Juga: Menko PMK: Satgas COVID Dihapus Usai Status Darurat Pandemik Dicabut

2. Virus COVID-19 tidak hilang

Jokowi akan Umumkan Status Pandemik COVID-19 Jadi Endemik Bulan IniMenteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerangkan, pengumuman status endemik tak berarti virus COVID-19 dinyatakan hilang. Status endemik dibuat karena pemerintah dan masyarakat dianggap sudah bisa mengatasi virus COVID-19.

"Yang pertama memang virus tidak hilang, tetap ada. Jadi kita harus belajar hidup dengan virus ini, sama halnya dengan ktia belajar hidup dengan penyakit menular lainnya, misalnya malaria, demam berdarah, TBC. Itu kan semuanya masih ada," kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Baca Juga: Syarat Pelaku Perjalanan Dalam dan Luar Negeri Saat Endemi COVID-19

3. Fasilitas kesehatan sudah siap menangani COVID-19

Jokowi akan Umumkan Status Pandemik COVID-19 Jadi Endemik Bulan IniMenteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Budi menyebut fasilitas kesehatan juga sudah siap menangani virus COVID-19. Mulai dari cara penanganan hingga obat yang harus diberikan.

"Rapid test antigen sekarang sudah ada, test genomik sudah ada, itu bisa dipakai, lalu kalau misalnya kita sakit mengukur suhu pakai termometer, kemudian bisa dicatat, sehingga tahu bagaimana surveilans-nya atau cara mendeteksinya," ucap dia.

Selian itu, kata Budi, vaksin COVID-19 juga sudah ada. Sehingga, kondisinya sudah jauh berbeda ketika virus COVID-19 pertama kali muncul.

"Dulu pas pandemik kita baru punya satu perusahaan vaksin. Sekarang kita sudah punya tiga perusahaan vaksin," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya