Jokowi Dukung Kemerdekaan Palestina Dinilai Terapkan Amanat Konstitusi

Jokowi harap Palestina jadi anggota penuh PBB

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo terus menyatakan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina. Dukungan tersebut juga disampaikan Jokowi saat menjamu Perdana Menteri Palestina, Mohammad Shtayyeh di Istana Bogor, Jawa Barat pada Senin (24/10/2022).

Pengamat Hubungan Internasional, Ishaq Rahman mengatakan Indonesia dan Palestina memiliki hubungan yang panjang. Menurutnya, Palestina dan Mesri merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada 1945.

"Palestina bersama Mesir, walaupun waktu itu Palestina sebenarnya belum menjadi negara tetapi masih menjadi bagian Liga Arab, adalah salah satu entitas yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada 1945. Aspek historis inilah yang cukup meninggalkan kesan, bagi bangsa Indonesia terkait perjuangan kemerdekaan,” ujar Ishaq, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga: Sambut PM Palestina, Jokowi: Sahabat Dekat Indonesia

1. Jokowi dinilai jalankan amanat konstitusi mendukung kemerdekaan Palestina

Jokowi Dukung Kemerdekaan Palestina Dinilai Terapkan Amanat KonstitusiPresiden Jokowi terima kedatangan Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh di Istana Bogor (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dia mengatakan, Jokowi juga menjalankan amanat konstitusi Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dengan mendukung kemerdekaan Palestina. Sebab UUD 1945 tak menghendaki adanya penjajahan di atas muka bumi.

"Faktor prinsipil karena ini berkaitan dengan mandat konstitusi kita Indonesia. Dimana, kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa sehingga Indonesia akan selalu mendukung perjuangan bagi bangsa-bangsa yang masih terjajah oleh bangsa lain,” kata dia.

"Dan, kita ketahui apa yang dilakukan oleh Israel terhadap bangsa Palestina, itu merupakan isu yang juga mempunyai dampak terhadap masalah-masalah kemanusiaan selain masalah kemerdekaan. Sehingga komitmen Indonesia itu dia merupakan bagian dari 3 aspek tersebut,” sambungnya.

Sementara itu, Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Bagus Hendraning, mengatakan dukungan Indonesia kepada Palestina juga berdsasarkan amanat konstitusi.

“Komitmen penegasan Pak Jokowi ini menunjukkan bahwa Indonesia tidak pernah bergeser sedikitpun posisinya dalam memberikan dukungan kepada Palestina di tengah berbagai macam perkembangan dunia yang saat ini sedang bergerak dan dinamis serta juga berbagai perkembangan di kawasan timur tengah,” kata Bagud.

Baca Juga: RI dan Palestina Sepakat Bangun Otoritas Obat dan Makanan Independen

2. Jokowi sebut Indonesia dan Palestina sahabat dekat

Jokowi Dukung Kemerdekaan Palestina Dinilai Terapkan Amanat KonstitusiPresiden Jokowi terima kedatangan Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh di Istana Bogor (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi saat menyambut Shtayyeh menyebut, Indonesia dan Palestina merupakan sahabat dekat.

Palestina adalah sahabat dekat Indonesia. Palestina adalah salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Indonesia juga secara konsisten terus mendukung perjuangan bangsa palestina dan saya berharap kunjungan yang mulia dapat semakin memperkokoh hubungan yang sudah baik ini," ujar Jokowi, Senin (24/10/2022).

3. Jokowi dukung Palestina menjadi anggota penuh di PBB

Jokowi Dukung Kemerdekaan Palestina Dinilai Terapkan Amanat KonstitusiPresiden Jokowi bertemu PM Palestina Mohammad Ibrahim Shtayyeh. (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menegaskan, Indonesia terus mendukung kemerdekaan Palestina. Sehingga, semua warga Palestina dapat merasakan hidup yang bebas tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

"Saya juga menyampaikan dukungan Indonesia agar Palestina menjadi anggota penuh di PBB," ucap dia.

Baca Juga: Ini Alasan Selalu Ada Kucing Oyen di Unggahan Instagram Jokowi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya