Jokowi Harap Tak Ada Politik Adu Domba di Pemilu 2024

Jokowi juga berharap pemilu 2024 berlangsung damai

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri acara Konsolidasi Nasional komisi Pemilihan umum (KPU) di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (1/12/2022) malam.

Dalam acara tersebut Jokowi meminta KPU untuk memperkuat pendidikan politik di masyarakat dan peserta pemilu.

"Saya ingin kita semua, KPU memperkuat pendidikan politik bagi para kontestan dan masyarakat," ujar Jokowi, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: Prabowo Ikut Amini Pernyataan Jokowi Soal Jatah Pemilu 2024

1. KPU harus bisa mengajak masyarakat dan peserta pemilu tidak mencederai demokrasi

Jokowi Harap Tak Ada Politik Adu Domba di Pemilu 2024Presiden Jokowi hadir di acara Konsolidasi Nasional KPU di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (2/12/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi mengatakan KPU harus bisa mengajak masyarakat dan peserta pemilu untuk tidak melakukan tindakan melawan hukum di masa pemilu 2024. Hal itu dilakukan untuk menciptakan pemilu yang damai.

"Menolak tindakan tak terpuji yang mencederai demokrasi, menyebar fitnah, ujaran kebencian, politik uang dan lain-lain," kata dia.

Baca Juga: Jokowi: Saya 2 Kali Menang Pemilu, Kayaknya Setelah Ini Jatah Prabowo

2. Jangan sampai ada politik adu domba

Jokowi Harap Tak Ada Politik Adu Domba di Pemilu 2024Presiden Jokowi hadir di acara Konsolidasi Nasional KPU di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (2/12/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi juga meminta kampanye harus sehat. Jangan sampai terjadi politik adu domba.

"Kita harus mendorong kampanye berkualitas yang menyehatkan demokrasi kita, optimalkan teknologi informasi, mengedepankan politik adu ide, adu gagasan, bukan politik adu domba," kata dia.

3. Jokowi menyadari beban kerja KPU berat

Jokowi Harap Tak Ada Politik Adu Domba di Pemilu 2024Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas evaluasi mudik Lebaran 2022 (dok. Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Jokowi menyadari beban kerja KPU Pemilu 2024 berat. Sebab, pemilu dan pilkada digabung di tahun yang sama. Oleh karenanya, Jokowi meminta KPU untuk bersungguh-sungguh.

"Ini bukan pekerjaan mudah, ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa dan negara kita," imbuhnya.

Baca Juga: Musra: Masih Ada Pihak yang Dorong Jokowi Tiga Periode

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya