Jokowi Resmikan Pembukaan TMII, Kini Lebih Cantik dan Hijau

Revitalisasi TMII kembalikan semangat gagasan Ibu Tien

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), di Jakarta Timur, usai direvitalisasi. Revitalisasi dilakukan sejak Januari 2022. 

Jokowi mengatakan, revitalisasi TMII menggunakan anggaran lebih dari Rp1 triliun. "Hari ini telah selesai yang menelan anggaran Rp1,070 triliun plus Rp200 miliar dari PT Injourney," ujar Jokowi, Jumat (1/9/2023) malam.

Jokowi mengatakan, TMII kini lebih dipercantik dan lebih hijau. Jokowi melanjutkan, revitalisasi itu dilakukan tetap dengan semangat awal yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto.

"Revitalisasi ini sekaligus mengembalikan bagaimana semangat awalnya yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto, dan kalau siang mestinya Taman Mini Indonesia Indah sekarang ini bisa lebih sejuk, karena konsepnya telah dikembalikan seperti pada master plan awalnya, yaitu 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan dan juga seluruh bangunan museum dan anjungan daerah juga telah dipercantik dan direvitalisasi, dengan mengusung konsep inclusive, culture dan smart," papar Jokowi.

Dalam peresmian itu, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju hadir seperti Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menparekraf Sandiaga Uno, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, Menpora Dito Ariotedjo, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Menlu Retno Marsudi, hingga Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Baca Juga: SBY: Ada Menteri di Kabinet Jokowi Lobi Demokrat untuk Bentuk Koalisi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya