Jokowi soal Penanganan COVID-19 di RI: One Of The Best In The World

Jokowi kenang perdebatan kalau keputusan lockdown atau tidak

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri acara penyerahan penghargaan penanganan pandemik COVID-19 kepada sejumlah lembaga. Dalam acara itu, Jokowi menyebut penanganan pandemik di Indonesia menjadi salah satu yang terbaik.

"Dirjen WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menyampaikan bahwa penanganan pandemik COVID-19 di Indonesia termasuk yang terbaik, dan cakupan vaksinasinya juga masuk yang terbaik," ujar Jokowi dalam sambutan yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (20/3/2023).

"Kemudian di September 2021 juga, John Hopkins University juga menyampaikan Indonesia sebagai one of the best in the world dalam menurunkan kasus COVID-19. Yang ngomong juga bukan kita, bukan kita yang ngomong," sambungnya.

Baca Juga: [LINIMASA-12] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia

1. Keberhasilan pandemik kerja keras seluruh komponen

Jokowi soal Penanganan COVID-19 di RI: One Of The Best In The WorldPresiden Joko "Jokowi" Widodo (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan, keberhasilan menangani pandemik COVID-19 merupakan keberhasilan seluruh komponen. Presiden menyebut, angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia juga bisa ditekan.

"Kita ini semua bekerja. Semuanya bekerja," ucap dia.

2. Jokowi kenang debat soal urusan lockdown

Jokowi soal Penanganan COVID-19 di RI: One Of The Best In The WorldPresiden Jokowi di acara penyerahan penanganan COVID-19 (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi kemudian mengenang perdebatan mengenai keputusan lockdown. Ketika itu, ada yang mengusulkan lockdown harus diterapkan.

"Bapak, ibu pasti ingat kita berdebat berhari-hari mengenai lockdown atau tidak lockdown. Secara nasional atau secara terbatas di kabupaten atau provinsi, karena apa? Memang kita belum memiliki pengalaman pandemik ini," ucap dia.

Baca Juga: Pandemik COVID-19 Belum Berakhir, Kemenkes Temukan 14 Varian Orthrus

3. Keberhasilan penanganan pandemik menunjukkan Indonesia negara besar

Jokowi soal Penanganan COVID-19 di RI: One Of The Best In The WorldPresiden Joko (Jokowi) Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, keberhasilan penanganan pandemik COVID-19 menunjukkan Indonesia sebagai negara besar. Hal itu bisa terjadi karena semua elemen bangsa bersama-sama bekerja.

"Kekuatan ini bukan hanya bisa digunakan untuk semua agenda besar bangsa, tetapi juga kita bisa gunakan untuk menangani penyakit-penyakit lainnya," imbuh Jokowi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya