Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari Dubes yang Akan Tugas di RI

Para dubes ingin meningkatkan kerja sama dengan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menerima surat kepercayaan dari duta besar (dubes) negara sahabat, yang akan bertugas di Indonesia. Penyerahan surat kepercayaan itu dilakukan di Ruang Kredensial, Istana Merdeka Jakarta hari ini, Selasa (13/9/2022).

Prosesi penyerahan dimulai dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan masing-masing duta besar. Tercatat, ada delapan duta besar yang memberikan surat kepercayaan kepada Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Terima Surat Kepercayaan 6 Dubes, Apa Maknanya?

1. Daftar duta besar yang memberikan surat kepercayaan

Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari Dubes yang Akan Tugas di RIPresiden Jokowi terima surat kepercayaan dari duta besar (dok. Sekretariat Presiden)

Satu per satu duta besar itu menyerahkan surat kepercayaan kepada Jokowi. Berikut 8 duta besar negara sahabat yang akan bertugas di Indonesia:

1. Nadia Burger, Duta Besar LBBP Kanada untuk Republik Indonesia;
2. Prapan Disyatat, Duta Besar LBBP Kerajaan Thailand untuk Republik Indonesia;
3. Thomas LoidI, Duta Besar LBBP Republik Austria untuk Republik Indonesia;
4. Kwok Fook Seng, Duta Besar LBBP Republik Singapura untuk Republik Indonesia;
5. Frank L.L Felix, Duta Besar LBBP Kerajaan Belgia untuk Republik Indonesia;
6. Machoca Moshe Tembele, Duta Besar LBBP Republik Persatuan Tanzania untuk Republik Indonesia;
7. Jukka-Pekka Kaihilahti, Duta Besar LBBP Republik Finlandia untuk Republik Indonesia;
8. Serob Bejanyan, Duta Besar LBBP Republik Armenia untuk Republik Indonesia.

Baca Juga: Perjalanan Penghayat Kepercayaan Diakui Setara oleh Negara dan Sesama

2. Para duta besar negara sahabat ingin tingkatkan kerja sama dengan Indonesia

Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari Dubes yang Akan Tugas di RIPresiden Jokowi terima surat kepercayaan dari duta besar (dok. Sekretariat Presiden)

Para duta besar negara sahabat itu ingin meningkatkan kerja sama dengan Indonesia, terutama di bidang ekonomi. Duta Besar LBBP Kanada untuk Republik Indonesia, Nadia Burger mengatakan, negaranya memiliki hubungan yang berkembang dengan Indonesia.

"Tentu saja kami melibatkan banyak bidang, ekonomi, diplomatik, dan pertahanan dan banyak bidang lainnya. Saya terkesan dan terpesona oleh potensi kami untuk berbuat lebih banyak. Jadi itulah yang ingin saya lakukan selama masa jabatan saya di sini," kata Nadia.

3. Masa pandemik sudah menurun, saatnya bangkitkan ekonomi

Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari Dubes yang Akan Tugas di RIPresiden Jokowi terima surat kepercayaan dari duta besar (dok. Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Duta Besar LBBP Kerajaan Thailand untuk Republik Indonesia, Prapan Disyatat menerangkan, masa pandemik COVID-19 sudah menurun. Sehingga, ini waktunya untuk membangkitkan ekonomi dengan menjalin kerja sama dengan negara lain.

"Saya pikir saat kita keluar dari COVID sekarang, kedua negara fokus pada kerja sama ekonomi dan itu salah satu bidang yang dapat kita perkuat sekarang, baik dalam perdagangan dan investasi juga di bidang pariwisata dalam masalah kesehatan dan juga ekonomi digital," kata dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya