Comscore Tracker

Jokowi: Tragedi Kanjuruhan Terakhir Terjadi di Sepak Bola Tanah Air

Presiden perintahkan Menpora dan Kapolri evaluasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyesalkan peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jokowi berharap, tak ada peristiwa serupa di kemudian hari.

"Saya menyesalkan terjadinya tragedi ini dan saya berharap ini adalah tragedi terakhir sepakbola di Tanah Air. Jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan seperti ini di masa yang akan datang. Sportivitas, rasa kemanusiaan, dan rasa persaudaraan bangsa Indonesia harus terus kita jaga bersama," ujar Jokowi dalam konferensi pers virtual, Minggu (2/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Jokowi memerintahkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menghentikan sementara Liga 1. Hal itu imbas dari tewasnya 129 orang dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan.

"Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Presiden Jokowi juga memerintahkan kepada Menpora, Kapolri, dan Ketua Umum PSSI untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait prosedur keamanan dan penyelenggaraan sepak bola di Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Minta Menkes-Khofifah Beri Perawatan Terbaik Korban Kanjuruhan

Topic:

  • Sunariyah
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya