Jokowi: UKT Kemungkinan Naik Tahun Depan

Aturan teknis pembatalan kenaikan UKT dibuat Mendikbudristek

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah memberikan sejumlah pertimbangan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, untuk membatalkan kenaikan biaya uang kuliah tunggal (UKT) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Ya, saya memberikan pertimbangan-pertimbangan, tapi kan tadi sudah disampaikan oleh Mendikbud bahwa UKT sementara ini yang kenaikannya sangat tinggi, itu dibatalkan dan akan diatur untuk bisa diringakan," ujar Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Senin (27/5/2024).

Jokowi mengatakan, aturan teknis pembatalan kenaikan UKT akan dibuat Mendikbudristek.

"Nanti teknisnya ditanyakan ke Mendikbud, tapi intinya itu sudah dibatalkan oleh Mendikbud," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut, bisa saja UKT di PTN naik pada 2025.

"Kemungkinan ini akan dievaluasi dulu, kemudian kenaikan setiap universitas akan dikaji dan dikalkulasi, sehingga kemungkinan, ini masih kemungkinan, nanti ini kebijakan di Mendikbud akan dimulai kenaikannya tahun depan. Jadi ada jeda, tidak langsung seperti sekarang ini," kata dia.

Sebelumnya, Mendikbudristek Nadiem juga sudah menyampaikan kenaikan biaya UKT 2024 dibatalkan. Pernyataan Nadiem disampaikan setelah bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta.

"Jadi, untuk tahun ini tidak ada mahasiswa yang akan terdampak dengan kenaikan UKT tersebut dan kami akan mengevaluasi satu persatu permintaan atau permohonan perguruan tinggi untuk peningkatan UKT, tapi itupun untuk tahun berikutnya," ujar Nadiem di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Nadiem mengatakan, Kemendikbudristek sudah mendengarkan aspirasi dari berbagai stakeholder, mulai dari masyarakat, mahasiswa, keluarga mahasiswa keluarga hingga pimpinan PTN.

"Jadi kemarin kami sudah bertemu dengan para rektor dan kami Kemdikbudristek telah mengambil keputusan untuk membatalkan kenaikan UKT di tahun ini dan kami akan mereevalusi semua permintaan peningkatan UKT dari PTN-PTN," kata Nadiem.

Baca Juga: Hore! Kenaikan UKT Tahun Ini Dibatalkan, Usai Nadiem Temui Jokowi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya