Jokowi Undang Megawati dan SBY Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Jokowi tegaskan semua mantan presiden diundang

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi akan mengundang mantan presiden ke IKN untuk perayaan HUT ke-79 RI. Pemerintah akan menggelar upacara di dua lokasi, Jakarta dan IKN, karena dalam proses transisi pemerintahan. Upacara HUT ke-80 RI akan dilakukan hanya di IKN sesuai Keputusan Presiden perpindahan ke IKN.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memastikan akan mengundang mantan presiden, untuk menghadiri upacara perayaan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Artinya, undangan itu akan diberikan kepada Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, dan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Semuanya diundang ke IKN," ujar Jokowi di Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga: Penjelasan Jokowi soal Upacara HUT ke-79 RI Digelar di IKN dan Jakarta

1. Jokowi jelaskan alasan upacara HUT ke-79 digelar di IKN dan Jakarta

Jokowi Undang Megawati dan SBY Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKNPresiden Jokowi meninjau posyandu di Cipete, Jakarta Selatan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Pemerintah akan menggelar upacara perayaan HUT ke-79 RI di dua lokasi, yakni di IKN dan Jakarta. Presiden Jokowi menyebut hal itu dilakukan karena pemerintahan dalam proses transisi.

"Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara, agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan. Jadi di sini (Jakarta) tetap dilakukan, di sana (IKN) tetap dilakukan (upacara)," ucap dia.

Baca Juga: BPIP akan Berangkatkan Paskibraka ke IKN untuk Upacara HUT ke-79 RI

2. Upacara HUT ke-80 RI hanya digelar di IKN

Jokowi Undang Megawati dan SBY Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKNPresiden Jokowi meninjau posyandu di Cipete, Jakarta Selatan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kendati, Jokowi memastikan, upacara perayaan HUT ke-80 RI akan dilakukan hanya di IKN. Hal itu seiring dengan Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan ke IKN.

"Nanti tahun depan kalau sudah ada Keputusan Presiden mengenai perpindahan, baru nanti (upacara) di IKN saja, termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi, itu tidak mudah," kata dia.

3. Jokowi akan upacara di IKN, Wapres Ma'ruf Amin di Jakarta

Jokowi Undang Megawati dan SBY Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKNPresiden Jokowi meninjau posyandu di Cipete, Jakarta Selatan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan perayaan HUT ke-79 RI dibagi dua lokasi, yakni di Jakarta dan IKN.

"Ya, sebagian di IKN, sebagian di sini (Jakarta)," ujar Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6/2024).

Muhadjir menerangkan, Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN. Sedangkan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, menjadi inspektur upacara di Jakarta.

"Nanti Pak Wapres terpilih (Gibran) dampingi Wapres (Ma'ruf Amin), Presiden terpilih (Prabowo) akan dampingi Presiden (Jokowi)," kata dia.

Selain itu, kata Muhadjir, akan ada hiburan usai upacara HUT ke-79 RI di IKN dan Jakarta.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya