Ke Sarinah, Megawati: Akhirnya Peninggalan Bung Karno Dikembalikan

Ada relief perjuangan petani bernama Marhaen

Jakarta, IDN Times - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengunjungi Gedung Sarinah usai direnovasi. Menteri BUMN Erick Thohir mendampingi langsung Megawati dalam kunjungan tersebut.

Usai berkeliling di Gedung Sarinah, Megawati bersyukur peninggalan Presiden pertama RI yang juga ayahnya, Ir. Sukarno, dikembalikan.

"Setiap lantai memiliki makna-makna tersendiri. Terutama mengenai dipasangnya kembali ornamen relief yang ternyata setelah Bung Karno tidak jadi presiden lagi, relief itu sepertinya dalam tanda kutip disembunyikan. Tapi akhirnya alhamdulillah, dapat dikembalikan," ujar Megawati di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).

Baca Juga: Sebelum Diresmikan Jokowi, Megawati Kunjungi Gedung Sarinah

1. Ada relief di dalam Gedung Sarinah

Ke Sarinah, Megawati: Akhirnya Peninggalan Bung Karno DikembalikanMegawati Soekarnoputri kunjungi Sarinah (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ketua Umum PDI Perjuangan itu mengatakan, ada relief di dalam Gedung Sarinah yang menceritakan kisah seorang petani bernama Marhaen.

"Menurut saya dari sisi seni itu luar biasa sekali, karena mungkin anak muda sekarang belum mengetahui. Jadi dari sisi makna itu bukan main, Indonesia ini punya seniman yang sebetulnya maestro," katanya.

Baca Juga: Senyum Erick Thohir Berbatik Merah Saat Dampingi Mega Kunjungi Sarinah

2. Senyum Erick Thohir saat dampingi Mega kunjungi Sarinah

Ke Sarinah, Megawati: Akhirnya Peninggalan Bung Karno DikembalikanMegawati Soekarnoputri kunjungi Sarinah (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Senyum terus memancar dari wajah Erick ketika menemani Mega. Dia juga menjelaskan desain bangunan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan itu.

Beberapa kali tubuh Erick tampak membungkuk, dengan tangan yang memperlihatkan tanda kesopanan ketika berada di sisi Megawati.

"Tadi disampaikan (Bu Megawati), bahwa memang seperti yang saya sampaikan Sarinah ini sesuatu yang sejarah. Sebuah aset yang luar biasa di tengah kota ini, sayang kalau kita tidak perbaiki kembali," ujar Erick di Gedung Sarinah.

3. Butuh gimmick untuk kenalkan anak muda pada sejarah

Ke Sarinah, Megawati: Akhirnya Peninggalan Bung Karno DikembalikanMegawati Soekarnoputri kunjungi Sarinah (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Erick mengatakan, Gedung Sarinah ini juga menyimpan sejumlah barang bersejarah. Sehingga butuh gimmick untuk mengenalkan sejarah kepada generasi muda agar tertarik.

"Apalagi kalau kita lihat generasi muda kita ini sekarang mayoritas dan kadang-kadang tidak tersambung dengan sejarah kita. Tentu apa sih gimmick-gimmick kita coba merajut kembali ke generasi muda, ya tentu dengan dunianya dia," kata Erick.

Usai melihat beberapa lantai di Gedung Sarinah, Erick dan Megawati makan siang bersama. Erick menjelaskan, hanya membahas seputar Sarinah.

"Ya saya rasa kebanyakan soal Sarinah, Beliau berpesan kalau bisa nanti fakta-fakta sejarah bisa terus digulirkan di Sarinah, bagaimana kita sebuah kebangsaan ada naik turunnya," kata dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya