Kebut Pelayanan, Wapres Minta Semua Wilayah Sulsel Punya MPP di 2023

Sulsel diminta contoh Mal Pelayanan Publik di Banyuwangi

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Selatan (Sulsel). Dalam kunjungannya itu, Ma'ruf datang ke salah satu Mal Pelayanan Publik (MPP) di Sulsel.

"Provinsi Sulawesi Selatan baru memiliki 3 MPP yang sudah disahkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), yang berada di Kota Palopo, Kabupaten Barru, dan Kabupaten Selayar," ujar Ma'ruf dalam keterangannya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Minta Sulsel Perbanyak Mal Pelayanan Publik

1. Ma'ruf harap MPP di Sulsel bertambah

Kebut Pelayanan, Wapres Minta Semua Wilayah Sulsel Punya MPP di 2023Wapres Ma'ruf Amin pimpin rapat penanggulangan miskin ekstrem di NTT (Dok. Setwapres)

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf berharap seluruh wilayah di Sulsel pada 2023 sudah ada MPP. Menurutnya, MPP ini bisa membantu memberikan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

"Memang MPP di Sulawesi Selatan saat ini baru ada 3 yaitu di Kota Palopo, Kabupaten Barru, Kabupaten Selayar, dan Kota Palopo, tentu harapannya adalah bagaimana pada 2022/2023 ini bisa dilaksanakan juga di 21 kabupaten/kota yang belum melaksanakan sistem MPP," katanya.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Kini Miliki Mal Pelayanan Publik

2. Ma'ruf sebut MPP Sulsel bisa contoh yang sudah berjalan di daerah lain

Kebut Pelayanan, Wapres Minta Semua Wilayah Sulsel Punya MPP di 2023Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin dalam Opening Ceremony ISEF 2021 (dok. Youtube Bank Indonesia)

Mantan Ketua Umum MUI ini mengatakan, MPP yang ada di Sulsel ini bisa mencontoh daerah lain yang sudah melakukan hal serupa dengan hasil baik. Menurutnya, hal itu tak masalah apabila untuk kebaikan masyarakat.

"Bisa mencontoh pemerintah daerah lain, bagi yang belum bisa mencari contoh dari daerah yang sudah (memiliki MPP) dengan metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Jika ada contoh yang bagus bisa menjadi model. Salah satu yang saya lihat, daerah yang memiliki MPP bagus sekali itu Kabupaten Banyuwangi," ucapnya.

3. Baru ada 50 MPP di seluruh Indonesia

Kebut Pelayanan, Wapres Minta Semua Wilayah Sulsel Punya MPP di 2023Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setpwapres)

Ma'ruf menerangkan, saat ini baru ada 50 MPP di Indonesia. Dia berharap seluruh daerah dapat melakukan percepatan untuk membangun MPP.

"Kita berharap manfaat MPP bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, termasuk mendorong fasilitasi UMKM untuk terus tumbuh semakin kuat dengan memberikan kemudahan penerbitan izin melalui Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko, di samping melalui penyaluran kredit usaha yang disalurkan pemerintah," imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya