Ketua MPR Bisik-bisik ke Jokowi Mau Bangun Sirkuit di IKN

Jokowi ajak pengusaha tak ragu investasi di IKN

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, sejumlah fasilitas akan dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurutnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) juga berkeinginan membangun sirkuit di IKN.

"Ini juga Pak Ketua MPR, ini juga kayaknya mau bikin sirkuit. Tadi bisik-bisik di dekat saya, 'Pak boleh saya bikin sirkuit?' Kenapa tidak ? Sekali lagi kalau tadi ditanyakan mengenai jumlah penduduknya (di IKN), ya memang awal 60.000, tapi plus keluarga lho ya. Artinya sudah berapa kalikan 4 atau 5. Itu sudah menjadikan suatu kota," ujar Jokowi di The Ballroom Djakarta Theatre, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga: IKN Pakai Lahan Hutan Produksi, Jokowi: Jangan Ada Isu Merusak Hutan

1. Jokowi ingin segera memulai pembangunan di IKN

Ketua MPR Bisik-bisik ke Jokowi Mau Bangun Sirkuit di IKNPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Jokowi mengaku ingin segera memulai pembangunan di IKN. Oleh karenanya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta pengusaha untuk tidak ragu berinvestasi di IKN.

"Bapak, ibu sekalian, sudah semuanya disampaikan, sekali lagi saya ingin sampaikan jangan ragu-ragu. Kalau masih ada yang kurang, kurang apalagi?" kata dia.

"Urusan lahan, ada nanti, ada Pak Menteri ATR/BPN, kalau masih ragu lho ya, tanyakan ke sana. Untuk insentif, masih ada yang kurang, ya Menteri Investasi, tanyakan 'Pak kurang insentif' gitu, minta tax holiday-nya kurang panjang, bisa ditanya, atau apa, tax deduction-nya kurang banyak, silakan disampaikan," sambungnya.

Baca Juga: Jokowi Ajak Pengusaha Tak Ragu Investasi di IKN: Kurang Apa Lagi?

2. Jokowi singgung sejumlah payung hukum sudah disiapkan

Ketua MPR Bisik-bisik ke Jokowi Mau Bangun Sirkuit di IKNPresiden Jokowi (pegang payung) saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyinggung sejumlah payung hukum di IKN sudah disiapkan oleh pemerintah. Mulai dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022, tentang Ibu Kota Negara hingga aturan turunannya.

"Terus kurang apalagi? Sampaikan kalau misal 'Pak gak yakin, Pak, kita perlu tap MPR'," seloroh Jokowi.

3. IKN merupakan tempat yang bagus untuk investasi

Ketua MPR Bisik-bisik ke Jokowi Mau Bangun Sirkuit di IKNPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Lebih lanjut, Jokowi menerangkan, IKN merupakan tempat yang bagus untuk investasi. Bahkan, kata dia, sejumlah investor asing juga tertarik berinvestasi di IKN.

"Kalau barangnya ini bagus, konsepnya ini bagus dan bisa diterima oleh semua orang, tidak hanya Indonesia, tapi Tony Blair (mantan Perdana Menteri Inggris) juga sampaikan ini akan meng-attrack investment dari luar, sehingga akan terjadi capital inflow dari luar ke negara kita Indonesia," kata dia.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya