Mahfud Sebut Data Penyelesaian Lahan Ilegal Banyak Disembunyikan

Mahfud ingin selesaikan masalah agraria dengan membuka data

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD mengatakan menyelesaikan kasus lahan ilegal harus diselesaikan dari hulu hingga ke hilir. Oleh karena itu, perlu data yang lengkap.

"Keterbukaan informasi agraria termasuk kehutanan, nah ini punya pengalaman dalam sidang-sidang tentang ini informasinya tertutup, siapa-siapa yang punya lahan ilegal di sana, ketika dibuat daftar gak ada di dalam daftar, sementara ada masyarakat yang punya data, saya tanyakan baru lalu ditunjukkan, jadi penyelesaian dak bisa menyeluruh," ujar Mahfud di debat keempat cawapres 2024 di Jakarta Convention Center, Minggu (21/1/2024).

Mahfud mengatakan, ada yang menyatakan data itu merupakan rahasia negara. Mahfud menegaskan, hal itu tidak bisa disebut rahasia negara.

"Rahasia itu kan bukan yang tentang data perampasan tanah-tanah rakyat, kasus-kasusnya di mana, siapa yang menyerobot lahan sawit, itu kan data-datanya harus lengkap, setelah diselidiki itu memang permainan buruk sehingga selalu disembunyikan kalau orang tahu baru dikeluarkan satu-satu, tidak ada ada penyelesaian yang menyeluruh, ini jadi penting keterbukaan informasi tentang data-data," kata dia.

Oleh karena itu, Mahfud menegaskan, ingin menyelesaikan masalah agraria dengan membuka semua data dan tidak ada lagi yang disembunyikan.

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya