Megawati Kritik Pemerintahan Jokowi Impor Pangan Berlebihan: Saya Tahu

Megawati mengaku pernah menjadi anggota Komisi IV DPR RI

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, mengkritik pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang impor bahan secara berlebihan. Menurutnya, Indonesia bisa memproduksi sendiri bahan pangan yang diimpor tersebut.

"Ketika impor pangan dilakukan, pertanyaan besarnya apakah sebenarnya masih perlu impor? Kalau mau ini, dia kalau mau sebenarnya gak perlu impor. Bahannya kita potensinya luar biasa. Tetapi memang sengaja harus ada impor pangan. Kenapa hayo?" ujar Megawati saat penutupan Rakernas V PDIP, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (26/5/2024).

Megawati mengaku pernah menjadi anggota Komisi IV DPR RI yang berkaitan tentang pangan, sehingga dia mengetahui cara kerja mengenai permainan impor.

"Saya tahu permainan untuk impor itu. Kalau saya mau ikut, saya sudah tambah kaya. Tapi tidak, saya tidak pernah ikut di dalam permainan tersebut," kata dia.

Meski demikian, Megawati mengaku, tak alergi terhadap produk impor. Namun, dia berpesan apabila barang yang bisa diproduksi di dalam negeri agar tidak impor.

"Sebenarnya kan ada jalannya. Ketika saya jadi presiden saya mengatakan, oke saya bukan alergi impor tapi hitung dulu, yang namanya beras kita, adalah setelah panen raya, itu berarti jelas, cukup atau tidak. Tapi kalau dilihat sekarang, gak. Selalu dibuat sedemikian rupa, sepertinya selalu kekurangan," ucap dia.

Megawati mengaku, apabila dirinya ikut terlibat dalam permainan impor, bisa bertambah mobil mewahnya. "Mungkin Mercy saya udah berapa deh, waduh gila, kok yang namanya urusan impor itu," ujar dia.

Baca Juga: Megawati Tak Umumkan Sikap Politik PDIP di Rakernas V: Gue Mainin Dulu

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya