Megawati Sampaikan Sikap PDIP Gabung Prabowo atau Oposisi Hari Ini

Sikap politik PDIP diumumkan di hari terakhir Rakernas V

Intinya Sih...

  • Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan sikap politik PDIP pada penutupan Rakernas V
  • Sikap politik partai terkait bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran atau oposisi dibahas dalam Rakernas V

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri hari ini, 26 Mei 2024,  akan menyampaikan sikap politik partainya apakah bergabung dengan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, atau oposisi. Megawati akan menyampaikan sikap politik itu pada penutupan Rakernas V PDI Perjuangan yang digelar di Ancol, Jakarta Utara.

Rakernas V PDI Perjuangan digelar selama tiga hari dari 24-26 Mei 2024. Salah satu pembahasan dalam Rakernas V terkait sikap politik yang akan diambil PDIP pada pemerintahan periode 2024-2029.

Baca Juga: Pembahasan Rakernas V PDIP: Sikap Politik hingga Pilkada 2024

1. Puan serahkan ke Megawati terkait sikap politik PDIP

Megawati Sampaikan Sikap PDIP Gabung Prabowo atau Oposisi Hari IniKetua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri menerima api abadi Mrapen di Rakernas V PDIP, Jumat (24/5/2024) (dok. PDIP)

Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani menyerahkan sikap politik PDIP kepada Megawati. Dia menyebut, Megawati yang akan menyampaikannya.

"Sikap politik nantinya akan diserahkan kepada ketua umum," ujar Puan di sela-sela Rakernas V PDIP, Ancol, Jakarta, Sabtu (25/5/2024).

Puan mengatakan, sikap politik itu masih dibahas di Rakernas V PDIP. Menurutnya, sikap tersebut akan disampaikan pada Minggu (26/5/2024).

"Kita lihat besok (hari ini), makasih ya," ucap dia.

Baca Juga: Ganjar Beberkan Arahan Megawati dalam Rakernas V PDIP

2. Megawati ajak kader PDIP keluar dari zona nyaman

Megawati Sampaikan Sikap PDIP Gabung Prabowo atau Oposisi Hari IniKetua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam Rakernas PDIP pada Jumat (24/5/2024). (IDN Times/Fauzan)

Sebelumnya, Megawati mengajak seluruh kadernya untuk keluar dari zona nyaman. Menurut dia, PDI Perjuangan panjang dalam berjuang dengan penuh sabar meski mendapat banyak tantangan.

"Partai kami adalah partai yang mempunyai keteguhan dan kesabaran yang luar biasa. Siapa yang enggak mau ngikut? Ya iyalah, udahlah, enggak usah zona nyaman, zona nyaman melulu," ujar Megawati di Rakernas V PDIP, Ancol Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

3. Perlu ada sikap kontrol terhadap pemerintah

Megawati Sampaikan Sikap PDIP Gabung Prabowo atau Oposisi Hari IniKetua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam Rakernas PDIP pada Jumat (24/5/2024). (IDN Times/Fauzan)

Dalam kesempatan itu, Megawati menyinggung perlu adanya sikap kontrol terhadap pemerintah.

"Di dalam menyikapi politik ke depan sebagai partai yang memiliki sejarah panjang di dalam memperjuangkan demokrasi, kita tetap menempatkan penting adanya check and balance bahwa demokrasi memerlukan kontrol dan penyeimbang," ucap dia.

"Namun, kita tidak juga menafikan bahwa berpolitik mengandung esensi untuk selalu mendapatkan kekuasaan. Hanya bedanya apa toh, yaitu strategi dan cara untuk mendapatkan kekuasaan yang membedakan kita dengan yang lainnya," sambungnya.

Menurut Megawati, tantangan demokrasi ke depan tidak mudah. Perlu ada penopang dari masyarakat.

"Pers yang handal jangan lagi suka bully, aduh pusing," ucapnya.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya