Melihat Agenda Jokowi di IKN, Resmikan Proyek hingga Camping Ceria

Jokowi resmikan groundbreaking training center PSSI

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan kunjungan kerja di Ibu Kota Nusantara (IKN) sejak Kamis (21/9/2023). Ada sejumlah agenda yang dilakukan Jokowi selama di IKN.

Pertama, Jokowi meninjau Pesemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (21/9/2023). Jokowi mengatakan, Pesemaian Mentawir sudah hampir selesai dibangun.

“Dulu kita masuk belum kelihatan, sekarang ini sudah hampir 100 persen selesai tinggal rapihkan saja,” ujar Jokowi dalam keterangannya.

Jokowi mengatakan, Pesemaian Mentawir ditargetkan bisa memproduksi 15 juta bibit tanaman per tahun. Menurutnya, Pesemaian Mentawir dibuat dengan tujuan menghijaukan IKN.

“Pesemaian Mentawir Ini adalah pesemaian yang kita siapkan untuk menghijaukan Ibu Kota Nusantara plus sekitarnya,” ucap dia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Puji Penerapan Transaksi Digital di Pasar Merdeka

1. Jokowi lakukan pengisian awal Bendungan Sepaku Semoi

Melihat Agenda Jokowi di IKN, Resmikan Proyek hingga Camping CeriaPresiden Jokowi kunjungan kerja ke IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Pada hari yang sama, Jokowi juga melakukan mengisian awal Bendungan Sepaku Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Bendungan Sepaku Semoi dibangun untuk melayani pemenuhan air baku di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sekitarnya. Bendungan memiliki kapasitas 2 ribu liter per detik untuk IKN dan 500 liter per detik dialokasikan untuk Balikpapan.

Baca Juga: BRIN: Jokowi Salah Gunakan Kekuasaan

2. Camping ceria

Melihat Agenda Jokowi di IKN, Resmikan Proyek hingga Camping CeriaPresiden Jokowi dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju camping ceria di IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi bersama sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju juga melakukan camping ceria. Pada Jumat (22/9/2023) pagi, Jokowi mengajak sejumlah menteri melihat pemandangan IKN.

Menteri yang ikut camping ceria antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Groundbreaking Training Center PSSI di IKN

3. Peresmian groundbreaking training center PSSI di IKN

Melihat Agenda Jokowi di IKN, Resmikan Proyek hingga Camping CeriaPresiden Jokowi Resmikan Groundbreaking Training Center PSSI di IKN (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meresmikan groundbreaking national training center untuk PSSI di IKN. Jokowi mengatakan, Indonesia saat ini belum memiliki training center bertaraf internasional.

"Kita tahu negara kita ini telah memiliki banyak stadion bertaraf internasional di kota-kota baik yang ada di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, bahkan di Papua, ada sudah kita miliki. Tapi, belum memiliki tempat latihan yang terpusat dan terintegrasi. Sehingga timnas kalau latihan pindah-pindah," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (22/9/2023).

" Oleh sebab itu, alhamdulillah pada pagi hari ini akan kita groundbreaking national training center untuk sepak bola Indonesia," sambungnya.

Jokowi mengatakan, training center itu akan dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektare. Jokowi menyampaikan, akan ada delapan lapangan latihan di dalamnya.

"Yang di dalamnya akan ada 8 lapangan dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya," ucap dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya