Menag Cek Kesiapan Layanan Jemaah Haji Lansia di Madinah

Menu makan untuk lansia dibuat lebih halus

Intinya Sih...

  • Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengecek layanan jemaah haji lansia di Madinah, termasuk dapur katering dan hotel.
  • Meez Mary Kitchen For Serve Meals akan menyajikan makanan bercita rasa nusantara untuk 11 ribu jemaah haji per hari.
  • Dapur tersebut akan menyajikan 20 persen makanan ramah lansia dengan nasi yang lebih halus.
  •  

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengecek langsung kesiapan layanan jemaah haji untuk lansia di Madinah. Yaqut mengecek dapur katering dan hotel.

Yaqut berkunjung ke Emaar Elite di wilayah Syamaliyah (sekitar 50 meter sebelah utara Masjid Nabawi) dan Meez Mary Kitchen For Serve Meals di Wilayah Hatim. Meez Mary akan melayani makanan 11 ribu jemaah haji per hari.

Baca Juga: 3 Vaksin Haji 2024 yang Diwajibkan Arab Saudi

1. Makanan yang disajikan bercita rasa nusantara

Menag Cek Kesiapan Layanan Jemaah Haji Lansia di MadinahKedatangan Jemaah Haji 2023 Kloter Pertama pada Rabu (24/5/2023). (IDN Times/Sunariyah)

Meez Mary akan menyajikan makanan bercita rasa nusantara untuk jemaah haji Indonesia, mulai dari nasi kuning, ayam goreng saus mentega, telur orak arik, nasi uduk. Kemudian ada telur dadar, opor ayam, daging sapi masak habang, ikan tuna cabai hijau, ayam gulai, ikan patin bumbu balado, rendang daging, semur daging, ikan patin goreng, gepuk daging sapi, tahu, dan tempe.

Nantinya, menu-menu tersebut dipadu dengan tumisan sayuran, buah-buahan, dan air minum.

Dapur tersebut akan menyajikan 20 persen makanan ramah lansia. Nantinya, para lansia tetap diberikan menu yang sama, tetapi nasi dan lauknya dimasak lebih halus.

"Saya mengecek kesiapan layanan di Emaar Elite Hotel. Saya lihat hotel untuk jemaah haji Indonesia representatif, bagus dan bersih. Ini sesuai kontrak," ujar Yaqut dilansir dari laman resmi Kemenag (10/5/2024).

Baca Juga: Suhu Saudi Bisa 50 Derajat, Menag Minta Jemaah Haji Jaga kesehatan

2. Dapur katering diharapkan bisa berikan layanan makan terbaik untuk jemaah haji Indonesia

Menag Cek Kesiapan Layanan Jemaah Haji Lansia di MadinahJemaah haji Embarkasi Surabaya kloter 18 (SUB 18) menunggu kepulangan di Bandara Jeddah (IDN Times/Sunariyah)

Yaqut berharap, dapur Meez Mary dapat memberikan layanan makanan terbaik untuk jemaah haji Indonesia.

"Tahun lalu kinerja dapur ini baik. Saya juga lihat sudah ada alokasi sendiri untuk menu makanan bagi jemaah lansia. Saya harap dapur ini bisa memberikan layanan terbaik bagi jemaah," kata dia.

Baca Juga: 1.957 Warga Semarang Berangkat Haji, Mayoritas Usia 60 Tahun

3. Menag minta jemaah haji lansia ditempatkan di kamar mandi yang ada shower

Menag Cek Kesiapan Layanan Jemaah Haji Lansia di MadinahMenteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Cek Kesiapan Layanan Jemaah Haji Lansia di Madinah (dok. Kemenag)

Yaqut juga meminta jemaah haji lansia ditempatkan di kamar mandi yang ada shower. Hal itu bisa mempermudah jemaah haji lansia saat mandi.

"Kamar mandi ada di dalam dan sebagian menggunakan bath up. Saya minta supaya jemaah lansia ditempatkan pada kamar dengan kamar mandi yang menggunakan shower. Jika bath up, harus ada pendamping. Ini untuk kenyamanan jemaah, khususnya lansia," ucap dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya