Mulai Masuk Asrama, 7.510 Jemaah Haji Berangkat ke Saudi Besok

Pemberangkatan jemaah haji dilakukan dua gelombang

Jakarta, IDN Times - Sejumlah jemaah haji sudah mulai masuk ke-8 asrama haji pada 23 Mei 2023. Mereka nantinya akan diberangkatkan ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji pada Rabu, 24 Mei 2023.

Tercatat ada 7.510 jemaah haji yang akan berangkat pada kelompok terbang (kloter) pertama. Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Akhmad Fauzin mengatakan, sebelum berangkat, jemaah haji terlebih dahulu transit di asrama haji.

"Di asrama haji, jemaah akan dilakukan cek kesehatan, pemberian gelang identitas, pemberian paspor, visa dan tiket pesawat, serta pemberian living cost. Untuk tahun ini, jemaah memperoleh living cost 750 SAR," ujar Fauzin dalam konferensi pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (23/5/2023).

Baca Juga: Siap Berangkatkan Jemaah Haji 2023, Kemenag Gladi Posko di Asrama Haji

1. Daftar 8 embarkasi yang sudah masuk jemaah hajinya

Mulai Masuk Asrama, 7.510 Jemaah Haji Berangkat ke Saudi BesokKepala Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Akhmad Fauzin (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Fauzin menyampaikan, ada 8 asrama haji yang sudah masuk jemaah hajinya. Di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, sudah masuk 4 kloter jemaah haji pada 23 Mei 2023.

Berikut datanya:

1. Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG): 4 kelompok terbang.
2. Embarkasi Solo (SOC): 4 kelompok terbang.
3. Embarkasi Makassar (UPG): 2 kelompok terbang.
4. Embarkasi Aceh (BTJ): 1 kelompok terbang.
5. Embarkasi Medan (KNO): 1 kelompok terbang.
6. Embarkasi Batam (BTH): 2 kelompok terbang.
7. Embarkasi Surabaya (SUB): 3 kelompok terbang.
8. Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS): 2 kelompok terbang.

Baca Juga: Jemaah Kloter I Masuk Asrama Haji Makassar, Besok Terbang ke Madinah

2. Pemberangkatan jemaah akan dilakukan dua gelombang

Mulai Masuk Asrama, 7.510 Jemaah Haji Berangkat ke Saudi BesokJemaah haji 2023 kloter pertama masuk Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (23/5/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Fauzin menyampaikan pemberangkatan jemaah ke Tanah Suci dilakukan dua gelombang. Gelombang pertama yakni 23 Mei 2023 masuk asrama dan gelombang ke dua masuk 7 Juni 2023 masuk asrama dan berangkat ke Jeddah mulai 8 Juni 2023.

"Jemaah gelombang pertama diberangkatkan secara bertahap ke Madinah Al-Munawwarah untuk menjalani arbain. Kemudian gelombang kedua diberangkatkan ke Jeddah," ucap dia.

3. Imbau jemaah jaga kesehatan

Mulai Masuk Asrama, 7.510 Jemaah Haji Berangkat ke Saudi BesokKepala Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Akhmad Fauzin (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Fauzin mengimbau kepada jemaah haji untuk menjaga kesehatan. Sebab, per 23 Mei 2023, suhu di Arab Saudi mencapai 41 derajat celcius.

"Pemerintah mengimbau seluruh jemaah haji untuk selalu menjaga kesehatan dengan isturahat cukup, makan tepat waktu, dan perbanyak minum. Saat ini, suhu di Madinah mencapai 41 derajat celcius," imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya