Pagar Nusa NU Buat Lagu, Kolaborasi Dakwah, Musik, dan Pencak Silat

Pagar Nusa merupakan pencak silat dari Nahdlatul Ulama

Jakarta, IDN Times - Pencak silat Pagar Nusa Nadhdlatul Ulama (NU) merilis lagu berjudul "Pagar Nusa". Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa NU, Muchamad Nabil Haroen, mengatakan lagu tersebut dirilis agar masyarakat bisa mengenal luas Pagar Nusa.

"Pagar Nusa selama ini menjadi benteng persatuan kesatuan Indonesia, menjaga kiai, pesantren dan NKRI. Dengan medium pencak silat, Pagar Nusa mengkader jutaan pesilat di berbagai kawasan," ujar lelaki yang akrab disapa Gus Nabil dalam keterangannya, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga: 2 Anggota PSHT Ditangkap Usai Mengeroyok Pesilat Pagar Nusa

1. Lagu Pagar Nusa dibuat untuk kolaborasikan dakwah dan musik

Pagar Nusa NU Buat Lagu, Kolaborasi Dakwah, Musik, dan Pencak SilatLaunching lagu Pagar Nusa (IDN Times/Istimewa)

Gus Nabil mengatakan, Lagu Pagar Nusa ini dibuat untuk mengkolaborasikan dakwah dan musik. Menurutnya, musik sebagai salah satu media yang populer dan hampir semua orang menyukainya.

"Setiap kali kita mendengar kata pencak silat, maka ingatan kita selalu terngiang tentang tarian melayu yang cantik namun melumpuhkan, ya benar, Silek Minang gerakan yang indah, dinamis namun bisa menjadi senjata yang ampuh," ucapnya.

Baca Juga: 31 Januari Hari Lahir Nahdlatul Ulama, Ini Sejarahnya

2. Gus Nabil sebut Pagar Nusa merupakan pencak silat khas Nusantara

Pagar Nusa NU Buat Lagu, Kolaborasi Dakwah, Musik, dan Pencak SilatLaunching lagu Pagar Nusa (IDN Times/Istimewa)

Gus Nabil menyebut Pagar Nusa dalam kesehariannya terus menebarkan nilai-nilai filosofis pencak silat khas Nusantara. Menurutnya, kekhasan itu senapas dengan nilai spiritual, seni, dan penghormatan kepada alam dan kehidupan.

"Maka, seluruh gerak dan langkah Pagar Nusa diniatkan sebagai pengabdian terhadap guru-kiai, pengabdian terhadap pesantren, perjuangan untuk menjaga kesatuan Indonesia, dan pencarian rida Allah," katanya.

3. Pagar Nusa terus kader para santri di berbagai jenjang

Pagar Nusa NU Buat Lagu, Kolaborasi Dakwah, Musik, dan Pencak SilatLaunching lagu Pagar Nusa (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut, Gus Nabil mengatakan, Pagar Nusa terus melakukan kaderisasi para santri di berbagai jenjang. Hal ini bertujuan untuk menguatkan khidmat Nahdlatul Ulama.

"Pagar Nusa dari namanya saja sudah jelas dan terang benderang ia memagari negeri ini, sebab kecintaannya kepada bangsa, kebersediaanya berguna untuk saudaranya, tidak hanya merajut bahkan mempersembahkan asa dan cinta dalam hidupnya, itulah jurus, langkah dan nafas yang menjadikan santun akhlaknya, gagah, berwibawa dan baik dalam harokahnya sebagai abdillah," tutur dia.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya