Panglima TNI Jenderal Andika Pensiun Desember 2022, Siapa Gantinya?

Jokowi mengajukan nama pengganti Andika diusulkan ke DPR

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa akan pensiun pada Desember 2022. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD mengatakan sudah ada mekanisme terkait pemilihan calon Panglima TNI.

"Iya, sudah ada mekanismenya, ditunggu saja," ujar Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga: PKS Prediksi Andika Perkasa akan Pensiun sebagai Panglima TNI di 2024

1. Mahfud mengaku tak tahu calon panglima TNI pengganti Andika

Panglima TNI Jenderal Andika Pensiun Desember 2022, Siapa Gantinya?Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa datang ke rumah Ketua DPD, La Nyalla Mattalitti, di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (24/11/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Meski demikian, Mahfud enggan membeberkan siapa calon Panglima TNI yang akan menggantikan Andika. Menurutnya, itu merupakan hak prerogratif Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Ndak tahu, itu Presiden yang akan ajukan ke DPR, tunggu saja," ucap dia.

Baca Juga: Kekayaan Panglima TNI Andika Perkasa Naik Rp2,6 M dalam 5 Bulan

2. Andika disebut bakal jadi menterinya Jokowi bila sudah pensiun

Panglima TNI Jenderal Andika Pensiun Desember 2022, Siapa Gantinya?Presiden Joko Widodo (kanan) memasangkan tanda pangkat jabatan kepundak Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) seusai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/11/2018). Presiden melantik Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi KSAD menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang akan memasuki masa pensiun. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Sebelumnya, Pengamat politik, Ujang Komarudin mengatakan, ada kemungkinan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan diangkat menjadi menteri oleh Presiden Jokowi.

Apabila merujuk Undang-Undang (UU) TNI yang berlaku, Andika akan pensiun pada akhir tahun ini. Dia akan berusia 58 tahun pada 21 Desember 2022.
Ujang menilai, dalam politik semua kemungkinan bisa saja terjadi sehingga tak menutup kemungkinan pasca pensiun Andika bakal diangkat menjadi menteri oleh Jokowi.

"Semua kemungkinan bisa saja terjadi," kata Ujang kepada IDN Times, Senin (20/6/2022).

Baca Juga: Bantah Ada Konflik dengan Panglima TNI, KSAD: Gak Ada Masalah

3. Tergantung kesepakatan antara Andika, Jokowi, dan Hendropriyono

Panglima TNI Jenderal Andika Pensiun Desember 2022, Siapa Gantinya?Jenderal Andika Perkasa (YouTube.com/TNI AD)

Menurut Ujang, peluang karier Andika di kabinet tergantung kesepakatan antara Jokowi dengan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Abdullah Mahmud Hendropriyono. Hendropriyono sendiri merupakan mertua dari Jenderal Andika.

"Itu tergantung deal-deal-an antara Andika, Hendropriyono, dan Jokowi," tutur Ujang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya