Comscore Tracker

Partai Buruh Diminta Rasional Target Raih 20 Kursi DPR di Pemilu 2024

Partai Buruh diminta fokus dulu agar lolos verifikasi KPU

Jakarta, IDN Times - Partai Buruh menargetkan mampu meraih 15-20 kursi di DPR RI dalam Pemilu 2024. Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, mengatakan dalam memasang target harus rasional.

Selain itu, Partai Buruh juga menargetkan mampu menang di 10 Pilkada serentak.

"Target yang sangat tinggi bagi partai baru seperti Partai Buruh. Targat memang harus tinggi. Namun juga mesti rasional dan realistis," ujar Ujang, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Partai Buruh Datangi Kemenkumham, Ada Perubahan Pengurus Mahkamah

1. Target harus diperjuangkan

Partai Buruh Diminta Rasional Target Raih 20 Kursi DPR di Pemilu 2024Wakil Presiden Partai Buruh, Agus Supriyadi, Sekretaris Jenderal Partai Buruh, Ferri Nurzali, dan Ketua Mahkamah Partai Buruh, Riden Hatam Azis, dan sejumlah kader lainnya, mendatangi Kemenkumham, Kamis (14/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Meski demikian, Ujang mengaku tak mempermasalahkan target yang dibuat Partai Buruh. Menuruntya, target tersebut harus diperjuangkan.

"Target berat yang kelihatannya akan sulit terlampau. Namun, mudah-mudahan mereka bisa menembus target-target itu, apakah klaim atau masuk akal? Kita lihat saja ke depan," katanya.

Lebih lanjut, Ujang mengatakan, Partai Buruh sebaiknya fokus terlebih dahulu untuk lolos verivikasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), agar target yang sudah dibuat bisa tercapai.

Menurut Ujang, klaim buruh akan mendukung Partai Buruh bisa saja terjadi. Namun, dia mengingatkan bahwa ada sejumlah serikat buruh yang sudah terafiliasi dengan partai politik. 

"Kalau para buruhnya bisa disatukan oleh Partai Buruh, mereka bisa saja pilih Partai Buruh. Namun, jika tak bisa dikonsolidasikan dan disatukan, maka akan pilih partai lain," ucapnya.

2. Partai Buruh targetkan lolos parliamentary threshold.

Partai Buruh Diminta Rasional Target Raih 20 Kursi DPR di Pemilu 2024Presiden Partai Buruh, Said Iqbal saat bicara di Kongres Partai Buruh, Selasa (5/10/2021)

Sebelumnya, Presiden Partai Buruh Saiq Iqbal mengatakan, pihaknya menargetkan partainya bisa lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold.

"Target Partai Buruh adalah lolos parliamentary threshold, 12-15 kursi di DPR," ujar Said dalam konferensi pers virtual, Jumat (8/10/2021).

Said mengklaim, partainya memiliki basis buruh, petani, nelayan, guru honorer, driver ojek online, dan sejumlah bidang pekerjaaan lain yang berlabel karyawan hingga rakyat jelata.

Diketahui, Partai Buruh mendeklarasikan diri siap bangkit pada 4-5 Oktober 2021. Partai ini dimotori Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Saiq Iqbal.

3. Partai Buruh klaim bakal menang pilkada di daerah industri

Partai Buruh Diminta Rasional Target Raih 20 Kursi DPR di Pemilu 2024Pelantikan pengurus Partai Buruh, Selasa (5/10/2021)

Said mengklaim partainya dapat memenangkan pemilihan kepada daerah (pilkada) di daerah dengan basis buruh. Dia menyebut, Partai Buruh bisa menang di 5-10 pilkada bupati atau wali kota.

"Ada beberapa daerah, yakin kami jadi (pemenang). (Pemilihan) bupati atau wali kota Bekasi, Depok, Tangerang, Karawang, Pasuruan, Batam, kami yakin bisa menempatkan bupati/wali kota di daerah basis buruh," ucapnya.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Kepengurusan Partai Buruh di Tingkat Nasional

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya