PDIP: Capres 2024 akan Bawa Visi Misi Swasembada Kedelai

PDIP menginstruksikan kepala daerah untuk menanam kedelai

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengatakan, calon Presiden (capres) 2024 dari partainya akan membawa visi misi untuk melakukan swasembada kedelai.

Hal tersebut dikarenakan kedelai merupakan salah satu bahan pokok yang ada di Indonesia dan dibutuhkan masyarakat.

"Kita akan menggalakkan (produktivitas dan swasembada kedelai) dan ini akan menjadi bagian dari visi misi calon Presiden yang nantinya diusung oleh PDI Perjuangan," ujar Hasto usai acara FGD Membangun Hegemoni Pangan dengan tema Desain Swasembada Kedelai di sekolah partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2022).

Baca Juga: Jokowi Ajak KADIN Tanam Sorgum di Nusa Tenggara Timur

1. PDIP instruksikan kepala daerah untuk menanam bahan pokok pendamping beras

PDIP: Capres 2024 akan Bawa Visi Misi Swasembada KedelaiFGD Membangun Hegemoni Pangan dengan tema Desain Swasembada Kedelai di sekolah partai PDIP (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto mengatakan, PDIP juga menginstruksikan kepala daerah untuk menanam 10 bahan pokok pendamping beras. Salah satunya adalah menanam kedelai.

"Kami intsruksikan seluruh kepala daerah PDI Perjuangan, terutama dari Jawa Tengah, Jawa Timur termasuk Sulawesi Selatan, Kalimantan yang curah hujannya relatif kurang, mendorong swasembada kedelai. Demikian juga daerah-daerah seperti Aceh. Instruksi ini bersifat mengikat," ujar dia.

Baca Juga: Jokowi Mau RI Kurangi 'Hobi' Impor Kedelai 

2. Capres dari PDIP urusan Megawati

PDIP: Capres 2024 akan Bawa Visi Misi Swasembada KedelaiKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Meski demikian, Hasto menegaskan, calon Presiden dari PDIP akan ditentukan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Oleh karena itu, dia meminta kepada semua kader PDIP untuk tidak menyatakan diri sebagai capres 2024.

"Urusan capres-cawapres, tunggu keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, jangan ikut-ikutan gimik politik tanpa mengakar pada kekuatan politik yang sebenarnya, yaitu rakyat," ujar dia.

Baca Juga: FX Hadi Rudyatmo Dukung Ganjar Jadi Capres, PDIP Wanti-wanti Sanksi

3. Capres PDIP akan diumumkan pada momentum yang tepat

PDIP: Capres 2024 akan Bawa Visi Misi Swasembada KedelaiKetua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Lebih lanjut, kata Hasto, PDIP akan mengumumkan capres 2024 pada momen yang tepat. Menurutnya, kader PDIP saat ini diminta untuk fokus membantu pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

“Jadi harus sangat jelas bahwa capres dan cawapres akan diumumkan pada momentum yang tepat dan itu adalah ranah Ibu Ketua Umum. Dari sejarah mengajarkan pemimpin seperti Pak Jokowi lahir dari mekanisme itu. Dalam konteks saat ini fokus kita adalah membantu rakyat. Turun ke bawah,” ucapnya.

Baca Juga: Ganjar Siap Jadi Capres, GP Mania: Sinyal Dukungan dari Megawati

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya