PDIP Gelar Rakernas di Jakarta, Jokowi Pilih Kerja dari Istana Yogya

Jokowi memang tak diundang dalam Rakernas V PDIP

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) V di Ancol, Jakarta Utara hari ini, hingga Minggu (26/5/2024). Presiden Joko "Jokowi" Widodo memilih bekerja dari Istana Kepresidenan Yogyakarta saat PDIP menggelar rakernas.

Meski demikian, Presiden Jokowi juga tak diundang dalam Rakernas V PDI Perjuangan. Jokowi sudah tak dianggap sebagai kader PDI Perjuangan setelah Pilpres 2024.

"(Presiden Jokowi) kegiatan internal di Istana Jogja," ujar Plt Deputi Protokol dan Pers Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana kepada jurnalis, Jumat (24/5/2024).

Baca Juga: Puisi PDIP: Jangan Jadi Pengecut Apalagi Pengkhianat

1. Alasan PDI Perjuangan tak undang Jokowi

PDIP Gelar Rakernas di Jakarta, Jokowi Pilih Kerja dari Istana YogyaPresiden Jokowi hadir dalam puncak peringatan bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta (dok. PDIP)

Sebelumnya, DPP PDI Perjuangan menegaskan tak akan mengundang Presiden Jokowi di Rakernas V yang digelar di Ancol, Jakarta, pada 24-26 Mei 2024. Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyebut pihak diundang adalah mereka yang memiliki semangat untuk menegakkan demokrasi.

Mulanya, Hasto menjelaskan mengenai kondisi demokrasi Indonesia pada Pemilu 2024 berada pada sisi gelap kekuasaan.

"Itu terekam kuat dalam memori publik, terekam kuat dari apa yang disuarakan oleh para tokoh-tokoh civil society, para guru besar, para ahli hukum dan para seniman, bahkan budayawan yang juga menyimpulkan bahwa Pemilu 2024 merupakan pemilu yang paling brutal dalam sejarah demokrasi Indonesia yang diwarnai dengan berbagai bentuk kecurangan, yang diawali dengan suatu konstruksi rekayasa hukum di MK," beber Hasto di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Baca Juga: Alasan Menohok PDIP Tak Undang Jokowi di Rakernas V

2. PDIP hanya undang pihak yang memiliki semangat untuk menegakkan demokrasi

PDIP Gelar Rakernas di Jakarta, Jokowi Pilih Kerja dari Istana YogyaKonferensi pers DPP PDIP jelang Rakernas V, Rabu (22/5/2024) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Oleh karena itu, Hasto menegaskan, PDI Perjuangan hanya mengundang pihak yang memiliki semangat untuk menegakkan demokrasi dan hukum.

"Tentu yang diundang adalah mereka-mereka yang memiliki spirit dalam menegakkan demokrasi hukum. Menegakkan negara hukum, negara demokrasi yang berkedaulatan rakyat," kata dia.

3. PDIP disebut selalu perjuangkan demokrasi

PDIP Gelar Rakernas di Jakarta, Jokowi Pilih Kerja dari Istana YogyaKonferensi pers DPP PDIP jelang Rakernas V, Rabu (22/5/2024) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Hasto menyebut partainya selalu memperjuangkan demokrasi. Dia kemudian menyinggung peran PDI pada saat melawan orde baru.

Sehingga, kata Hasto, kader PDI Perjuangan seharusnya memiliki jiwa untuk terus memperjuangkan demokrasi.

"Itulah yang akan diundang oleh PDIP salam rakernas V," ujar dia.

Baca Juga: Puisi PDIP: Jangan Jadi Pengecut Apalagi Pengkhianat

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya