PDIP Sindir 2 Menteri NasDem: Kalau Gentle Lebih Baik Mundur

PDIP beberkan alasan dua menteri NasDem harus dievaluasi

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDIP Perjuangan, Djarot Syaiful Hidayat, menyindir dua menteri Kabinet Indonesia Maju dari NasDem, yakni Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya.

Djarot mengatakan, dua menteri dari NasDem itu patut dievaluasi Presiden Joko "Jokowi" Widodo karena dua hal, yakni kinerja dan partainya.

"Satu kinerjanya, dua termasuk partainya. Kalau memang gentle betul sudah seperti itu, akan lebih baik untuk menteri-menterinya (NasDem) lebih baik mengundurkan diri," ujar Djarot di kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (3/1/2022).

"Itu lebih gentle. Ya, sebab apa, sebab, rupanya, mungkin agak tidak cocok dengan kebijakan Pak Jokowi, termasuk yang disampaikan adalah sosok antitesis Pak Jokowi," sambungnya.

Baca Juga: Panas Dingin PDIP-NasDem Usai Jokowi Beri Kode Sinyal Reshuffle

1. Alasan dua menteri dari NasDem perlu dievaluasi

PDIP Sindir 2 Menteri NasDem: Kalau Gentle Lebih Baik MundurKetua DPP PDI Perjuangan, Djarot Syaiful Hidayat (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Djarot menjelaskan kenapa dirinya menyoroti kinerja Menteri Pertanian dan LHK. Sebab, Djarot merupakan anggota Komisi IV DPR RI yang juga bermitra dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian LHK.

"Karena saya di Komisi IV, maka saya sampaikan bahwa Menteri Pertanian dan Menteri Kehutanan KLH itu perlu dievaluasi, terkait misalnya kita sudah berusaha menjadi negara swasembada pangan, menjadi negara dengan kedaulatan pangan tapi ternyata produksi masih tidak mencukupi," kata dia.

Menurutnya, Indonesia baru saja melakukan impor beras 500 ribu ton. Padahal, Presiden Jokowi membuat program swasembada beras.

"Terkait dengan itu juga tentang food estate, hasil peninjauan kita, saya ke beberapa food estate itu sebagian gagal, ini kan tanggung jawab dari kementerian Pertanian untuk food estate, siapapun yang menginisiasi di depan tentang program food estate, tapi Menteri Pertanian itu harus di depan," ucap dia.

 

Baca Juga: PDIP-NasDem Dinilai Sering Beda Kepentingan sejak Jilid Pertama Jokowi

2. NasDem harus dukung keputusan Jokowi bila nantinya direshuffle

PDIP Sindir 2 Menteri NasDem: Kalau Gentle Lebih Baik MundurIDN Times/Margith Juita Damanik

Lebih lanjut, Djarot meminta NasDem mendukung keputusan Presiden Jokowi apabila terkena reshuffle. Menurutnya, reshuffle merupakan suatu keniscayaan.

"NasDem ini kan sahabat baiknya Pak Jokowi, dan selalu disampaikan apapun keputusan Pak Jokowi partai NasDem akan menghargai, karena Pak Jokowi sahabat dari Partai NasDem," ujar dia.

3. Djarot jelaskan tak soroti kinerja Menkominfo

PDIP Sindir 2 Menteri NasDem: Kalau Gentle Lebih Baik MundurSekjen Partai NasDem, Jhonny G Plate (IDN Times/Istimewa)

Djarot kemudian menjelaskan alasannya tak menyoroti kinerja Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate. Djarot mengaku itu bukan ranahnya di Komisi IV DPR RI.

"Kalau Menkominfo silakan Komisi I yang nanti berbicara. Karena menjadi mitra dari Komisi I, ya saya berbicara di Komisi IV, maka untuk Menkominfo tolong minta informasi dari Komisi I," imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya