PDIP soal Jokowi dan Israel Piala Dunia U-20: Tetap Bela Palestina!

PDIP tegaskan kemerdekaan Palestina harus terus dibela

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Selasa (28/3/2023) telah menyatakan sikap tak masalah bila Timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20. Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menegaskan bahwa sikap membela kemerdekaan Palestina harus konsisten.

"Konsistensi sikap di dalam membela kemerdekaan Palestina secara penuh tetap menjadi sikap bangsa Indonesia, dan pada saat bersamaan mengambil kepeloporan atau prakarsa bagi perdamaian antara Palestina dan Israel," ujar Hasto dalam keterangannya, Rabu (29/3/2023).

"Sikap untuk mengutuk gerakan anti kemanusiaan dari Israel yang terjadi atas bangsa Palestina harus terus dilakukan. Sebab politik, olahraga, dan pergaulan antar bangsa tidak bisa menafikan hal ini. Kami meyakini bahwa FIFA juga memahami seluruh aspirasi yang berkembang. Bahwa standar kemanusiaan untuk Rusia juga diterapkan bagi Israel," sambungnya.

Baca Juga: Jokowi Jamin Israel Main di Piala Dunia U-20 Indonesia

1. PDIP berdoa agar diplomasi Erick Thohir dengan FIFA berjalan lancar

PDIP soal Jokowi dan Israel Piala Dunia U-20: Tetap Bela Palestina!Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto juga mendoakan agar diplomasi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dengan FIFA berjalan lancar. Menurutnya, Presiden Jokowi sudah memahami pro-kontra keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20.

"Jadi sekali lagi kita doakan agar semua pihak termasuk FIFA dapat bijak di dalam mengambil keputusan. Seluruh pro dan kontra sudah dipahami oleh Pak Presiden dan kita harapkan hasil yang terbaik. Presiden sendiri sudah menegaskan bahwa penolakan terhadap keikutsertaan Israel telah diketahui FIFA," ucap dia.

Hasto menegaskan, PDIP bertekad untuk membangun sepak bola Indonesia yang lebih baik. Dia mengatakan, pro-kontra yang terjadi dapat dijadikan pembelajaran.

"Tekad untuk membangun sepak bola Indonesia tidak akan pernah berhenti dan justru semakin berkobar," kata dia.

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Sepakat dengan Palestina soal Israel

2. Jokowi sepakat dengan Palestina, Israel tak masalah main di Piala Dunia U-20

PDIP soal Jokowi dan Israel Piala Dunia U-20: Tetap Bela Palestina!Presiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 tak menjadi penghalang dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina. Dia juga sepakat dengan Duta Besar Palestina Indonesia, Zuhair Al-Shun, bahwa tak masalah jika Israel berlaga di Piala Dunia U-20.

"Dalam urusan Piala Dunia U-20, kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia, bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya, jadi jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik," ujar Jokowi dalam pernyataannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menjamin, tak ada urusan politik antara Indonesia dan Israel pada perhetalan olahraga itu. 

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina. Karena dukungan kita terhadap palestina selalu kokoh dan kuat," kata dia.

Jokowi menambahkan, Indonesia memiliki prinsip yang teguh dalam menyuarakan penghapusan penjajahan di dunia. Menurutnya, hal itu juga sesuai dengan pembukaan UUD 1945.

"Ini sesuai dengan konstitusi menolak penjajahan dalam bentuk apapun dan ini selalu kita sampaikan dalam forum-forum bilateral, forum multilateral, dan forum internasional lainnya," kata dia.

3. Pernyataan Dubes Palestina Untuk Indonesia

PDIP soal Jokowi dan Israel Piala Dunia U-20: Tetap Bela Palestina!Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun. (IDN Times/Sonya Michaella)

Zuhair Al-Shun telah menanggapi polemik kedatangan Israel U-20 ke Indonesia. Dia meminta agar publik bisa memisahkan isu politik dan kepentingan olahraga.

Kehadiran Israel ke Indonesia memang sudah menuai pro dan kontra. Tapi, Indonesia wajib menerima Israel karena statusnya sebagai peserta Piala Dunia U-20 2023.

Sesuai aturan FIFA, Indonesia selaku tuan rumah juga berkewajiban melayani seluruh kontestan, termasuk Israel selama berlaga di turnamen tersebut.

"Partisipasi masing-masing negara dalam event ini tidak ada kaitannya dengan suka atau tidak, soal negara yang ikut. Negara-negara yang ikut adalah bagian dari kompetisi sesuai aturan yang berlaku. Ini keputusan FIFA. Jika mereka datang ke Indonesia, ini beda isu. Negara yang menjadi tuan rumah jelas harus melayani para tamu," ujar Zuhair.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya