Pedagang Asongan Membelah Kumpulan Massa Cari Rupiah di Demo 21 April

Satu persatu demonstran memanggil pedagang asongan

Jakarta, IDN Times - Suara "yang haus, yang haus," terdengar sayup di tengah demo 21 April 2022. Suaranya tidak begitu keras. Tertutup suara dari speaker orasi massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) yang sedang melakukan unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Suara tersebut berasal dari sejumlah pedagang asongan yang turut meramaikan aksi unjuk rasa. Suara mereka beradu dengan suara-suara lainnya di tengah sejumlah orator meneriakkan penolakan terhadap wacana perpanjangan masa jabatan presiden.

"Kita memindahkan kelas karena Bapak Jokowi meminta jabatan tiga periode," kata orator.

Para pedagang asongan itu hadir bukan untuk aksi, tapi hanya mencari rezeki. Mereka terlihat membelah kumpulan massa. Satu persatu massa memanggil, "bang, mau".

Selain penjual air minum, ada juga yang menjajakan pop mie, lengkap dengan termos air panas untuk dituang menyeduh pop mie atau kopi.

Saat ini, massa AMI masih melakukan orasi. Berikut tuntutan AMI kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam aksi 21 April:
1. Menindak tegas para penjahat konstitusi dan tolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden.
2. Turunkan harga kebutuhan pokok dan atasi ketimpangan ekonomi.
3. Menindak tegas segala tindakan represif terhadap masyarakat sipil dengan mekanisme yang ketat dan tidak diskriminatif.
4. Wujudkan pendidikan ilmiah, gratis, dan demokratis.
5. Sahkan RUU prorakyat, tolak RUU prooligarki.
6. Wujudkan reforma agraria sejati.
7. Tuntaskan seluruh pelanggaran HAM

Baca Juga: Potret Emak-Emak Demo 21 April, Bentangkan Spanduk Besar di Jalan 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya