Pemerintah Akan Relokasi 301 KK Korban Erupsi Gunung Ruang

Relokasi dilakukan demi keamanan

Jakarta, IDN Times - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengatakan pemerintah akan merelokasi 301 kepala keluarga (KK) korban terdampak erupsi Gunung Ruang, di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara.

AHY mengatakan tempat tinggal yang selama ini dihuni warga, sangat berbahaya apabila terjadi erupsi.

"Tentu berbahaya buat masyarakat, secara historis ini telah terjadi berkali-kali erupsi, sehingga diambil kesimpulan bahwa yang terbaik adalah relokasi masyarakat secara keseluruhan dari sekitar Gunung Ruang," ujar AHY di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Baca Juga: Jokowi Larang Pengungsi Erupsi Gunung Ruang Kembali ke Rumah

1. Warga akan direlokasi ke Kabupaten Bolaang Mongondow

Pemerintah Akan Relokasi 301 KK Korban Erupsi Gunung RuangAgus Harimurti Yudhoyono (AHY) sidang kabinet perdana (IDN Times/M Ilman Nafi'an)

AHY menerangkan, sebanyak 301 KK itu akan direlokasi ke Kecamatan Pinolosian Timur, Kabupaten Bolaan Mogondow. Menurutnya, wilayah tersebut cocok dengan warga yang sebelumnya tinggal di kaki Gunung Ruang.

"Ini kenapa dipilih (Kecamatan Pinolosian Timur)? Alasannya adalah cocok dengan mata pencaharian mayoritas warga di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro, di tempat Gunung Ruang, bisa buat nelayan dan petani kelapa," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan AHY Relokasi Warga Korban Erupsi Gunung Ruang

2. Pemprov Sulawesi Utara akan belikan tanah untuk warga

Pemerintah Akan Relokasi 301 KK Korban Erupsi Gunung RuangErupsi Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Jumat (19/4/2024). (Dok. PVMBG)

AHY mengatakan, tanah untuk relokasi warga akan dibelikan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Dia menyebut, besaran tanah yang akan diberikan kepada warga masih dihitung.

"Kalau sudah ada clear and clean kita akan urus sertifikatnya. Kan kita ada PTSL, jadi masyarakat dipindah itu saya menempati lahan siapa dan jaminan hukumnya, maka kita akan terbitkan sertipikat segera setelah semuanya selesai," kata dia.

Untuk rumah, proses pembangunannya akan dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

3. AHY akui tak mudah relokasi warga

Pemerintah Akan Relokasi 301 KK Korban Erupsi Gunung RuangMenteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) janji segera tuntaskan kasus sengketa Hotel Sultan. (IDN Times/Amir Faisol)

Meski demikian, AHY mengakui tidak mudah merelokasi warga terdampak Gunung Ruang. Proses relokasi akan dilakukan secara bertahap.

"Ya tentu tidak mudah berpindah dari tempat tinggal belasan, puluhan tahun, tidak semudah yang dibayangkan, tapi demi keselamatan dan demi menyelamatkan keluarga mereka, kita tahu penghidupannya akan sangat terdampak banyak yang sebagai nelayan ataupun petani kepala, itu yang kita pikirkan," imbuhnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya