Peringatan HUT ke-77 TNI Dimulai, Jokowi Jadi Inspektur Upacara

Upacara itu digelar di Istana Merdeka, Jakarta

Jakarta, IDN Times - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2022 dimulai. Upacara itu digelar di Istana Merdeka, Jakarta.

Pantauan IDN Times, Rabu (5/10/2022), upacara peringatan HUT ke-77 TNI dimulai pukul 08.00 WIB. Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi inspektur upacara. Terlihat, Jokowi mengenakan setelah jas abu-abu dan dasi berwarna merah.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi pendamping di mimbar kehormatan.

Di podium utama, terlihat ada Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ibu Hj Wury Ma'ruf Amin, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, ada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo juga nampak hadir dalam upacara peringatan HUT ke-77 TNI.

Sementara itu, komandan upacara dalam upacara itu yakni Kolonel Laut (PM) Erwin Kasirun. Peserta upacara berasal dari tiga Matra TNI.

Sebelumnya, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono mengatakan, setelah upacara, Jokowi juga nantinya akan menyaksikan demo sejumlah atraksi pesawat TNI Angkatan Udara (AU). Dalam acara itu, Jokowi juga akan menyaksikan fly pass pesawat F16.

"Kemudian ada helikopter yang membawa giant flag, kemudian ada (pertunjukan) akrobat dari (pesawat) jupiter," kata dia.

Tak hanya itu, Jokowi juga direncakan melakukan video conference dengan pasukan TNI di empat lokasi yang berada di Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Wilayah pertama ada di perbatasan Indonesia-Malaysia di Pos Lintas Batas Negara atau PLBN Entikong.

Tempat kedua, di pengamanan terluar di Sangihe-Talaud. Ketiga di perbatasan Indonesia di PLBN Sota Merauke dan keempat di perbatasan Indonesia-Timor leste di PLBN Mota'ain.

"Setelah selesai melakukan video conference, presiden menuju ke depan Istana. Di sana presiden akan melihat beberapa kendaraan tempur yang terbaru yang kita miliki, yang akan kita tampilkan secara statis," ujar dia.

Baca Juga: Catat Pengalihan Arus Lalu Lintas Imbas HUT TNI di Sekitar Istana

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya