Pesan Tegas Jokowi ke Lukas Enembe: Hormati Panggilan KPK

Jokowi sebut semua sama di mata hukum

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe untuk menghormati panggilan yang dilayangkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebab, Lukas Enembe hingga kini tak kunjung memenuhi panggilan KPK usai ditetapkan sebagai tersangka.

"Saya sudah sampaikan, agar semuanya menghormati panggilan KPK dan hormati proses hukum yang ada di KPK. Semuanya," ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (26/9/2022).

Baca Juga: DPR Papua Minta KPK Manusiawi ke Lukas Enembe

1. Jokowi minta Lukas Enembe hormati proses hukum

Pesan Tegas Jokowi ke Lukas Enembe: Hormati Panggilan KPKIlustrasi gedung KPK (IDN Times/Vanny El Rahman)

Selain itu, Jokowi minta Lukas Enembe untuk menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Dia menegaskan, semua orang yang ada di Indonesia sama di mata hukum.

"Saya kira proses hukum di KPK semua harus dihormati, semua sama di mata hukum," ucap dia.

Baca Juga: KPK Tetap Panggil Lukas Enembe Sebagai Tersangka, Meski Absen

2. Dugaan korupsi Lukas Enembe tak cuma satu kasus

Pesan Tegas Jokowi ke Lukas Enembe: Hormati Panggilan KPKGubernur Papua, Lukas Enembe (ANTARA News Papua/HO-Humas Pemprov Papua)

Sebelumnya, KPK mengungkapkan bahwa dugaan rasuah yang dilakukan Gubernur Papua Lukas Enembe bukan hanya satu kasus. Saat ini, seluruhnya tengah didalami KPK.

"Yang sedang ditangani menyangkut LE bukan hanya satu ya. Ada beberapa sedang kita tangani," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto seperti dikutip dalam YouTube KPK, Rabu (21/9/2022).

KPK masih enggan merinci kasus-kasus yang diduga menjerat politikus Partai Demokrat itu. Karyoto mengatakan, kasus-kasus itu akan dikaitkan dengan laporan masyarakat.

"Nanti dikaitkan dengan beberapa laporan masyarakat dari dumas (pengaduan masyarakat), yang menyangkut tentang di Papua dan juga dikaitkan dengan PPATK yang ada," ujar Karyoto.

3. Seluruh dugaan korupsi Lukas Enembe akan diusut KPK

Pesan Tegas Jokowi ke Lukas Enembe: Hormati Panggilan KPKGubernur Papua, Lukas Enembe (ANTARA News Papua/HO-Humas Pemprov Papua)

Meski masih enggan merinci, Karyoto memastikan KPK tetap mengusut seluruh kasus Lukas Enembe. Publik pun diminta bersabar.

"Jadi, memang kita proses sidik sedang jalan, dan jalan lidik pun ada beberapa perkara yang sedang kita jalankan," kata Karyoto.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya