Comscore Tracker

Presiden Jokowi Kukuhkan 68 Paskibraka 2022 di Istana Negara

Ikrar Paskibaraka diwakilkan Savina Fasha

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengukuhkan 68 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara, Senin (15/8/2022). Puluhan anggota Paskibraka tersebut akan bertugas pada upacara Hari Ulang Tahun ke-77 RI di Istana.

Upacara pengukuhan digelar di halaman depan Istana Merdeka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para Paskibraka juga hadir dengan mengenakan masker sesuai protokol kesehatan.

Pengukuhan Paskibraka yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden itu dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan pengucapan ikrar Pemuda Indonesia.

Pembacaan ikrar itu dipimpin Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi dan diikuti Paskibraka.

Untuk pengucapan ikrar, diwakili seorang anggota Paskibraka bernama Savina Fasha. Dia kemudian mengangkat sang Merah Putih dan meletakkan di dada kirinya sambil mengucapkan ikrar.

"Ikrar Putra Indonesia. Aku mengaku, Putra Indonesia dan berdasarkan pengakuan itu, aku mengaku bahwa aku adalah makhluk Tuhan Sang Maha Pencipta dan bersumber pada-Nya. Aku mengaku bertumpah darah satu, Tanah Air Indonesia. Aku mengaku, berbangsa satu, Bangsa Indonesia. Aku mengaku, bernegara satu, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," ucap Yudian diikuti rekan-rekannya.

" Aku mengaku, berjiwa dan berideologi satu, jiwa dan ideologi Pancasila dan satu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Aku mengaku, bertujuan satu, masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Aku mengaku, kebinekaan dalam kesatuan budaya bangsa. Aku mengaku, sebagai generasi penerus perjuangan besar kemerdekaan dengan akhlak dan Ihsan menurun rida Tuhan Yang Maha Esa. Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini dan demi kehormatanku sebagai kader bangsa, aku berjanji, akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajiban ku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari. Semoga tuhan yang esa memberkati niatku ini dengan taufik dan hidayahnya serta inayah-Nya," sambungnya.

Setelah itu, Jokowi menyematkan lencana ke masing-masing Paskibraka. Di belakang Jokowi, ada Iriana Joko Widodo, Wapres Ma'ruf Amin dan Ibu Wurry Ma'ruf menyampaikan selamat kepada Paskibraka.

Puluhan Paskibraka itu berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Masing-masing provinsi memberikan dua perwakilan siswa SLTA-nya untuk menjadi Paskibraka di Istana Negara.

Baca Juga: BPIP Minta Paskibraka Amalkan Pancasila dan Sebar Konten Positif

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya