Presiden Jokowi Resmikan Perluasan Bandar Udara Komodo Labuan Bajo

Bandara Komodo miliki lahan 115 hektare

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hari ini, Kamis (21/7/2022), berangkat ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Tujuan kunjungan kerja Jokowi ke NTT untuk meresmikan sejumlah infrastruktur.

Agenda pertama Jokowi di NTT yakni meresmikan perluasan Bandar Udara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Jokowi mengatakan, perluasan Bandar Udara Komodo Labuan Bajo untuk meningkatkan pariwisata di NTT.

"Kemudian, tempat-tempat destinasi wisata juga sudah dipercantik, Labuan Bajo ini komplit. Budaya ada, pemandangan sangat bagus, pantainya cantik dan di dunia yang gak ada, gak ada di tempat lain itu ada, yaitu komodo yang ada di Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Kekuatan Inilah yang harus kita pakai untuk mensejahterakan rakyat kita di sini," ujar Jokowi dalam pidatonya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga: Pemprov NTT Tetapkan Tarif Masuk Pulau Komodo dan Padar Rp3,75 Juta

1. Jokowi pastikan infrastruktur di kawasan Labuan Bajo terus diperbaiki

Presiden Jokowi Resmikan Perluasan Bandar Udara Komodo Labuan BajoPresiden Jokowi resmikan perluasan Bandar Udara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi memastikan infrastruktur di kawasan Labuan Bajo terus diperbaiki. Dia berpesan kepada Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, untuk memastikan landasan pacu di Bandara Komodo Labuan Bajo bisa digunakan untuk semua pesawat.

"Kalau ditambah sudah ada pesawat wide body bisa masuk, ya tambah kalau gak bisa tahun ini, maksimal tahun depan harus selesai. Sehingga pesawat pesawat dengan penerbangan langsung dari mancanegara bisa langsung turun di Labuan Bajo," ucap dia.

Baca Juga: 10 Pesona Pink Beach Pulau Komodo, Secuil Surga Bahari di Labuan Bajo!

2. Bandar Udara Komodo tempati lahan 115 hektare

Presiden Jokowi Resmikan Perluasan Bandar Udara Komodo Labuan BajoPresiden Jokowi resmikan perluasan Bandar Udara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Di lokasi yang sama, Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandar Udara Komodo ini memiliki lahan 115 hektare. Menurutnya, bandara ini sudah melayani sejumlah penerbangan.

"Saat ini Bandara Komodo melayani pesawat jet narrow body dan menindaklanjuti Inpres pada 2019 mendukung 10 destinasi baru, maka kami lakukan improvement pada Bandara Komodo untuk melakukan perluasan fasilitas bandara secara konsisten," kata Budi.

3. Bandar Udara Komodo miliki landasan pacu 2.600 meter

Presiden Jokowi Resmikan Perluasan Bandar Udara Komodo Labuan BajoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Lebih lanjut, Budi mengatakan, Bandar Udara Komodo memiliki landasan pacu 2.600 meter. Dia berujar, bila ditambah lagi landasan pacu 100 meter untuk pesawat wide body, ini bisa menjangkau penerbangan internasional.

Perluasan Bandara Udara Komodo ini menggunakan biaya APBN. Namun, Budi tak menjelaskan secara rinci berada biaya untuk perluasan tersebut.

"Bapak Presiden, kami laporkan juga bahwa kita secara konsisten melakukan perluasan dan beautifikasi atas 15 ribu meter persegi bagi bandara ini, dengan konsep tradisional dengan sentuhan modern dengan motif sonke mata manuk atau mata ayam," ucap dia.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya