Profil Maruarar Sirait, Keluar dari PDIP Pilih Ikut Jalan Jokowi

Maruarar bergabung dengan PDI Perjuangan pada 1999

Jakarta, IDN Times - Maruarar Sirait telah memutuskan keluar dari PDI Perjuangan. Ara, sapaan akrab Maruarar, menyebut alasannya keluar karena ingin mengikuti langkah Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Pria kelahiran Medan, 23 Desember 1969 itu bergabung dengan PDI Perjuangan pada 1999. Ara berhasil menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009, 2009-2014 dan 2014-2019. Ara juga pernah menjabat sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan.

"Jadi, saya memilih bersama dengan Bapak Jokowi dalam pilihan politik saya berikutnya ke depan. Mohon doa restunya," katanya di DPP PDIP, Jakarta, Senin (15/1/2024).

Baca Juga: PDI Perjuangan Terima Pengunduran Diri Maruarar Sirait

1. Pendidikan Ara

Profil Maruarar Sirait, Keluar dari PDIP Pilih Ikut Jalan JokowiPolitikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Maruarar Sirait pamit dari partainya (IDN Times/Lia Hutasoit)

Ara pernah kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Parahyangan, Bandung pada 1990.

Ara juga aktif sebagai Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dan Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Parahyangan. Ara juga pernah tercatat sebagai Komisaris Utama PT Potenza Sinergi dan Manager KKBM Unpar Bandung.

Baca Juga: Maruarar Sirait Tinggalkan PDIP: Terima Kasih Bu Mega

2. PDIP terima pengunduran diri Maruarar Sirait

Profil Maruarar Sirait, Keluar dari PDIP Pilih Ikut Jalan JokowiSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman)

Sebelumnya, Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan partainya menerima pengunduran diri Maruarar Sirait sebagai kader. Hasto mengatakan, menjadi kader PDI Perjuangan tidak pernah ada paksaan.

"Menjadi anggota partai didasarkan pada prinsip kesukarelaan demikian halnya untuk tidak menjadi anggota dapat mengajukan pengunduran diri," ujar Hasto dalam keterangannya, dikutip Selasa (16/1/2024).

3. PDIP sebut Maruarar kini sudah semakin sukses

Profil Maruarar Sirait, Keluar dari PDIP Pilih Ikut Jalan JokowiPolitikus PDIP Maruarar Sirait (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Hasto kemudian memuji Ara, sapaan akrab Maruarar yang kini sudah semakin sukses. Hasto kemudian mendoakan Ara sukses di manapun berada.

"DPP Partai menerima pengunduran diri Pak Ara Sirait. Terlebih dengan kondisi Pak Ara sekarang yang sudah semakin berhasil sebagai pengusaha. Beberapa foto Pak Ara dengan pengusaha menunjukkan keberhasilan itu," kata dia.

Pengunduran diri tersebut sebagai bagian dari konsolidasi kader Partai, mengingat pengunduran diri terjadi pada saat Partai sedang berjuang untuk menempatkan kedaulatan rakyat sebagai hukum tertinggi di dalam menentukan pemimpin, dan sekaligus melakukan koreksi terhadap berbagai upaya yang mencoba untuk melanggengkan kekuasaan sampai harus terjadi pelanggaran etik berat oleh Anwar Usman melalui manipulasi hukum di MK," imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya