Comscore Tracker

Ratusan Orang Tewas, Demokrat Minta Tragedi Kanjuruhan Diusut

Ibas Pertanyakan prosedur pengamanan

Jakarta, IDN Times - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie baskoro Yudhoyono atau Ibas, meminta tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur diusut tuntas. Dalam tragedi itu, ada 129 orang meninggal dunia.

"Innalillahi wa innailaihi raji'un, dunia sepak bola Tanah Air tengah berduka. Saya menyampaikan duka cita mendalam untuk para korban dan sepak bola Indonesia," ujar Ibas dalam keterangannya, Minggu (2/10/2022).

Baca Juga: Ada Regulasi FIFA yang Dilanggar dalam Tragedi Kanjuruhan

1. Tragedi Kanjuruhan peristiwa yang memilukan

Ratusan Orang Tewas, Demokrat Minta Tragedi Kanjuruhan DiusutIDN Times / Irfan Fathurohman

Ibas mengatakan, tragedi berdarah Kanjuruhan merupakan peristiwa yang memilukan. Dia mempertanyakan mengenai prosedur pengamanan dalam pertandingan tersebut.

"Pertandingan sepak bola yang seharusnya selain ajang berkompetisi olahraga para atlet kebanggaan juga menjadi hiburan masyarakat, mengapa justru memakan ratusan korban seperti ini?! Konyol,” kata dia.

Baca Juga: Liga 1 Dihentikan Sepekan Imbas Tragedi Berdarah di Kanjuruhan

2. Imbas tragedi Kanjuruhan, Jokowi minta PSSI hentikan sementara Liga 1

Ratusan Orang Tewas, Demokrat Minta Tragedi Kanjuruhan DiusutPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas evaluasi mudik Lebaran 2022 (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo memerintahkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mengentikan sementara Liga 1. Hal itu imbas dari tewasnya 129 orang dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

"Saya juga memerinthakan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," ujar Jokowi dalam konferensi pers virtual, Minggu (2/10/2022).

Jokowi memerintahkan Menpora, Kapolri, dan Ketua Umum PSSI untuk segera melakukan evaluasi.

"Khusus kepada kapolri saya minta investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," ucap dia.

3. Jokowi minta korban luka tragedi Kanjuruhan diberi perawatan terbaik

Ratusan Orang Tewas, Demokrat Minta Tragedi Kanjuruhan DiusutPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas pada Rabu (4/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memerintahkan kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk memberikan perawatan terbaik bagi korban tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan.

"Saya telah meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk memonitor, khususnya layanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik," imbuhnya.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, PSI: Harus Diusut Tuntas, Keluarga Dapat Santunan

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya