Respons MUI Soal Ceramah Kontroversi Oki yang Dituduh Normalisasi KDRT

Tak boleh menormalisasikan KDRT

Jakarta, IDN Times - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Cholil Nafis, buka suara soal ceramah kontroversi Oki Setiana Dewi. Menurutnya, masalah rumah tangga tak selamanya harus disimpan secara rapat.

"Tidak semua kekerasan dalam rumah tangga harus disimpan rapat-rapat, juga jangan sampai setiap kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) diceritakan ke mana-mana dan dilaporkan ke pihak penegak hukum. Nah, keluarga itu dibangun atas saling menyayangi dan mencintai," ujar Cholil, dilansir dari akun Instagram pribadinya, Jumat (4/2/2022).

Baca Juga: 5 Kontroversi Oki Setiana Dewi, Terbaru Dianggap Menormalisasi KDRT

1. Lapor polisi adalah jalan terakhir

Respons MUI Soal Ceramah Kontroversi Oki yang Dituduh Normalisasi KDRTDok. IDN Times/bt

Cholil menjelaskan, apabila terjadi KDRT sebaiknya terlebih dahulu diselesaikan secara kekeluargaan. Apabila tidak bisa, barulah dilaporkan ke polisi.

"Jika terjadi KDRT baikanya, upayakan untuk diceritakan kpd orang yang tepat, guna mendapat nasihat dalam menghentikan kekerasan rumah tangga. Boleh kepada orang tua, teman atau tokoh yang disegani," kata dia. 

"Tapi kalau ternyata secara kekeluargaan tak bisa diselesaikan, maka bisa melalui jalur hukum, bahkan perceraian. Tapi pilihan jalur aparat hukum ini adalah pilihan terakhir, itupun jika sudah tak bisa kompromi lagi secara baik-baik," sambung Cholil.

Baca Juga: 9 Potret Liburan Keluarga Oki Setiana Dewi ke Pantai di Aceh, Seru! 

2. Ceramah Oki dituduh menormalisasi KDRT

Respons MUI Soal Ceramah Kontroversi Oki yang Dituduh Normalisasi KDRTinstagram.com/okisetianadewi

Sebelumnya, kakak dari Ria Ricis ini dituduh menormalisasikan KDRT yang dilakukan seorang suami kepada istri. Banyak netizen yang menganggap jika ceramah yang Oki suguhkan kurang tepat.

Dalam ceramahnya, Oki menjelaskan seorang istri di Jeddah yang tak mengadu kepada orang tuanya tentang masalah keluarga. Padahal, sang istri baru saja dipukul oleh suaminya.

3. Ceramah Oki viral di media sosial

Respons MUI Soal Ceramah Kontroversi Oki yang Dituduh Normalisasi KDRTinstagram.com/okisetianadewi

Ceramah Oki tentang cara seorang istri menutupi aib suami viral di sosial media. Di dalam ceramah tersebut, dikisahkan sepasang suami istri yang sedang bertengkar.

Sayangnya, sang suami main tangan dan membuat istrinya menangis. Di saat yang sama, orang tua dari sang istri datang dan menanyakan kenapa anaknya kenapa menangis.

Alih-alih mengadukan perlakuan suaminya, sang istri justru menutupi hal tersebut. Berkat itu, sang suami merasa tersentuh karena istrinya menutupi aib yang ia lakukan.

Saat itu, Oki memang ingin memberikan contoh kepatuhan seorang istri. Sayangnya, contoh yang diberikan dianggap menormalisasikan KDRT. Videonya tersebut viral di Twitter dan sosial media lain.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya