Respons PDIP soal Jokowi-Puan Bertemu di KTT WWF ke-10 Bali

Sekjen PDIP sebut pertemuan itu karena jabatan

Intinya Sih...

  • Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pertemuan formal dalam acara KTT WWF ke-10 antara Presiden Jokowi dengan Ketua DPR Puan Maharani karena jabatan. Jokowi menyebut sudah lama akrab dengan Puan.

Jakarta, IDN Times - Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, merespons pertemuan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dengan Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPR RI Puan Maharani dalam acara jamuan makan malam kepala negara dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WFF) ke-10 di Bali. Hasto mengatakan, pertemuan itu dilakukan secara formal karena jabatan.

"Pertemuan antara Pak Jokowi sebagai presiden, dengan Mbak Puan selaku Ketua DPR RI dilaksanakan dalam fungsi legal-formal, dan tugas-tugas kenegaraan, di mana Indonesia jadi tuan rumah konferensi yang sangat penting WWF," ujar Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Baca Juga: Alasan Menohok PDIP Tak Undang Jokowi di Rakernas V

1. KTT WWF ke-10 selaras dengan visi PDIP

Respons PDIP soal Jokowi-Puan Bertemu di KTT WWF ke-10 BaliKonferensi pers DPP PDIP jelang Rakernas V, Rabu (22/5/2024) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto mengklaim, KTT WWF ke-10 juga selaras dengan visi PDIP, yakni menjaga lingkungan. Dia mengatakan, Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, juga senantiasa memerintahkan kepada kadernya untuk menjaga lingkungan.

"Termasuk menjaga sumber mata air, menjaga lingkungan hidup, itu suatu preferensi internasional yang senafas dengan ideologi partai, dan selama ini menjadi concern PDI Perjuangan," kata dia.

"Melakukan perawatan sungai, membersihkan sungai, menyelamatkan sumber-sumber mata air, melakukan penghijauan, dan itu menjadi kultur yang dibangun partai," sambung Hasto.

2. Jokowi akui akrab dengan Puan

Respons PDIP soal Jokowi-Puan Bertemu di KTT WWF ke-10 BaliKetua DPR RI, Puan Maharani bertemu Presiden Jokowi (instagram.com/puanmaharaniri)

Sebelumnya, Presiden Jokowi merespons pertemuannya dengan Puan. Jokowi menyebut, sudah lama akrab dengan Puan sebagai mantan rekan sejawat di PDIP. Dalam pertemuan itu, keduanya saling melempar senyum semringah.

"Sudah lama sekali saya akrab dan baik dengan mbak Puan. Ya semringah dong, masa gak boleh semringah," ujar Jokowi di Kabupaten Agam, Selasa, 21 Mei 2024.

Baca Juga: Senyum Semringah Saat Bertemu Puan, Jokowi: Ya Memang Akrab

3. Tidak bahas wacana pertemuan dengan Megawati

Respons PDIP soal Jokowi-Puan Bertemu di KTT WWF ke-10 BaliPresiden Joko Widodo (kanan) memegang tangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri (kiri) saat berjalan bersama di sela berlangsungnya Rakernas PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (6/6/2023). (twitter.com/ganjarpranowo)

Jokowi mengaku tidak membahas wacana pertemuan dengan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, saat bertemu dengan Puan.

"Gak ada, yang diobrolkan ya masalah air, namanya di World Water Forum," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya