Sambut Baik Ajakan PKB Berkoalisi, PKS: Masih Fokus ke Demokrat-NasDem

Sempat ada rencana koalisi semut merah PKS-PKB

Jakarta, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambut baik ajakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, untuk berkoalisi dengan koalisi Partai Gerindra-PKB.

Juru Bicara PKS, M Kholid, pun menyinggung Koalisi Semut Merah.

"Tentu PKS merasa terhormat atas ajakan PKB. Dulu pernah kan memang ada Koalisi Semut Merah, PKS-PKB," ujar Kholid kepada IDN Times, Selasa (8/11/2022).

Namun, kata dia, Koalisi Semut Merah batal terjalin. Koalisi tersebut kuncup sebelum berkembang.

Baca Juga: Cak Imin Ingin PKS Gabung Koalisi PKB-Gerindra

1. PKS fokus pada pembahasan koalisi dengan NasDem dan Demokrat

Sambut Baik Ajakan PKB Berkoalisi, PKS: Masih Fokus ke Demokrat-NasDemJuru Bicara PKS, M Khalid (batik) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kholid menjelaskan dalam perjalanannya, Koalisi Semut Merah meredup. PKB memilih mendeklarasikan koalisi dengan Gerindra. Sedangkan, PKS saat ini sedang fokus membahas koalisi dengan Partai NasDem dan Demokrat.

"PKS saat ini fokus untuk menuntaskan proses koalisi dengan NasDem dan Demokrat," ucap dia.

Baca Juga: Gerindra Persilakan Cak Imin Ajak PKS Gabung Koalisi

2. Cak Imin ingin PKS gabung kaolisi PKB-Gerindra

Sambut Baik Ajakan PKB Berkoalisi, PKS: Masih Fokus ke Demokrat-NasDemWakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Cak Imin berharap PKS bergabung dalam koalisi PKB-Gerindra. Hal itu disampaikan Cak Imin saat memperingati Hari Santri Nasional di Tugu Pahlawan Surabaya, Sabtu (22/10/2022).

Cak Imin mengatakan, dirinya terus melakukan pendekatan dengan sejumlah partai, agar semakin banyak partai yang bergabung dengannya, tak terkecuali PKS. "Kita terus lobi-lobi dengan partai lain, supaya anggota koalisi kita semakin banyak. Kita pendekatan, saya berharap PKS bisa masuk," ujarnya.

3. Koalisi PKB-Gerindra masih terbuka dengan partai lain

Sambut Baik Ajakan PKB Berkoalisi, PKS: Masih Fokus ke Demokrat-NasDemKetua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Cak Imin menuturkan, hingga saat ini belum ada partai lain berniat bergabung dengan koalisi Gerindra-PKB. Namun, kata dia, sejauh ini pihaknya masih melakukan pendekatan.

"Belum tahu, kita terus pendekatan," tutur Wakil Ketua DPR RI itu.

Terkait perkembangan koalisi PKB-Gerindra, ia menyebut, kedua partai berkomitmen hubungan semakin intensif sampai 2024. Termasuk soal peresmian sekretariat bersama (Sekber) PKB dengan Gerindra.

"Sedang menunggu siap betul untuk kita resmikan (sekber) dalam waktu dekat," ucap Cak Imin.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya