Sampah Bikin Lokbin Pasar Minggu Sepi, Pemkot Jaksel Bakal Tata Ulang

Tempat pembuangan sampah akan dipindahkan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) akan kembali menata lokasi binaan (lokbin) Pasar Minggu. Hal itu dilakukan karena masalah sampah yang menyebabkan pengunjung sepi ke lokasi binaan.

"Pengambilan sampah setiap hari akan ditingkatkan volumenya, biar terlihat lebih layak," ujar Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jaksel, Parulian Tampubolon, dilansir ANTARA, Minggu (5/5/2024).

Baca Juga: Bentrokan di Pasar Minggu 1 Orang Terluka, Tapi 2 Kelompok Sudah Damai

1. Lokasi lokbin dekat dengan pembuangan sampah

Sampah Bikin Lokbin Pasar Minggu Sepi, Pemkot Jaksel Bakal Tata UlangSejumlah pemulung sedang mengais sampah di TPA Cipayung, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Parulian mengatakan masalah utama penyebab lokbin di Pasar Minggu sepi adalah tempatnya dekat dengan pembuangan sampah. Lokasi ini membuat lokbin minim didatangi pembeli.

Oleh karena itu, Parulian mengaku akan berkoordinasi dengan instansi terkait terkait masalah sampah tersebut.

2. Pemindahan tempat pembuangan sampah akan dikaji

Sampah Bikin Lokbin Pasar Minggu Sepi, Pemkot Jaksel Bakal Tata UlangPemkot Depok gunakan alat berat untuk melakukan penataan sampah di TPA Cipayung, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Parulian menerangkan, Pemkot Jakarta Selatan akan mengkaji pemindahan tempat pembuangan sampah, agar tidak terlalu dekat lokbin.

"Karena salah satu penyebab sepi adalah banyaknya sampah di depan lokbin. Jadi, ada kemungkinan TPS (tempat pembuangan sampah) yang ada dikaji lokasinya," ucap dia.

Baca Juga: Pria 53 Tahun Ditemukan Tewas di Apartemen Jaksel, Ini Kronologinya

3. Pemkot Jaksel juga akan rombak lokbin

Sampah Bikin Lokbin Pasar Minggu Sepi, Pemkot Jaksel Bakal Tata Ulangilustrasi pasar tradisional. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Parulian juga mengatakan Pemkot Jaksel akan merombak lokbin dalam rangka memperbarui penataannya.

"Perlu perombakan penggunaan tempat. Jika masih ada sisanya, akan ditata ulang atau digunakan untuk tempat lain yang lebih produktif, mengingat lokasi satu kawasan dengan PD Pasar Jaya," imbuhnya.

Baca Juga: Pasar Tanah Abang Sepi Gegara TikTok Shop, Heru Panggil PD Pasar Jaya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya