Sebut Gus Dur Penggagas Apel Akbar, Cak Imin: Habib Rizieq Mencontoh

Cak Imin sebut apel akbar pertama kali dilakukan Gus Dur

Jakarta, IDN Times - DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar haul atau memperingati wafatnya Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), mengatakan, Gus Dur adalah penggagas kegiatan apel akbar.

"Bersyukur pada tokoh-tokoh yang hadir, ini ada KH Manarul merangkap menjadi tangan kanan Gus Dur. Belum ada yang namanya apel akbar Gus Dur dan KH Manarul ini lah yang merintis apel akbar di Parkir Timur," ujar Cak Imin di kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Cak Imin mengatakan, apel akbar yang digagas Gus Dur itu mengundang jumlah peseerta yang sangat besar dengan KH Manarul sebagai ketua panitia. Ia lantas menyinggung pelaksanaan apel akbar tersebut dicontoh oleh Rizieq Shihab.

"Jadi, Habib Rizieq ini menyontoh saja dari yang dilakukan KH Manarul, apel akbarnya pertama dengan jumlah yang sangat besar adalah Gus Dur dan ketua panitianya KH Manarul," sambungnya.

Baca Juga: Gus Mus, Doraemon, dan Haul Gus Dur

1. Apel akbar Gus Dur digelar di era Soeharto

Sebut Gus Dur Penggagas Apel Akbar, Cak Imin: Habib Rizieq MencontohPKB gelar Haul Gus Dur ke-14 di kantor DPP PKB (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Cak Imin mengatakan, apel akbar itu digelar pada era pemerintahan Presiden Soeharto. Ketika itu, Gus Dur menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

"Mungkin ada yang belum lahir waktu itu, tapi saya ingat betul apel akbar pertama di Republik ini, setengah protes lah kepada Pak Presiden Soeharto, ada protesnya, ada penunjukkan kekuatan NU, itu di apel akbar," ucap dia.

Baca Juga: Haul Gus Dur di Jogja, Ingatkan Pesan Persatuan Sambut Tahun Politik

2. Cak Imin ngaku sebagai asisten informal Gus Dur

Sebut Gus Dur Penggagas Apel Akbar, Cak Imin: Habib Rizieq MencontohPKB gelar Haul Gus Dur ke-14 di kantor DPP PKB (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Cak Imin mengaku sebagai asisten Gus Dur secara informal. Dia juga mengaku kerap ditempa Gus Dur agar menjadi pemimpin yang baik.

"Saya ini termasuk asisten informal, jadi saya diajak terus oleh Gus Dur di semua event. Mulai dari ke NU-an, ke forum demokrasian, ke pemerintahan, sampai tuntas lah. Saya ini betul-betul kalau berhasil itu memang produk Gus Dur, kalau berhasil, tapi kalau gagal, ya, aslinya memang begitu, kira-kira begitu," kata dia.

Baca Juga: Prabowo Minta Cak Imin Tak ke Mana-mana, PKB: Dicurigai Mau Pergi

3. Gus Dur pernah berucap Kiai Said akan jadi Ketum PBNU dan terkabul

Sebut Gus Dur Penggagas Apel Akbar, Cak Imin: Habib Rizieq MencontohPKB gelar Haul Gus Dur ke-14 di kantor DPP PKB (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Cak Imin mencontohkan juga bahwa Gus Dur pernah berucap kalau KH Said Aqil Siradj akan menjadi Ketua Umum PBNU. Ucapan itu kemudian terkabul.

"Contoh produk Gus Dur itu Kiai Said Aqil Siradj, itu produk Gus Dur. Jauh hari digebukin Gus Dur, dimarahin Gus Dur, tapi sambil dikasih masa depan, 'sampeyan nanti jadi Ketua Umum PBNU', sudah jauh hari itu, sudah disiapkan oleh Gus Dur. Jadi kira-kira Gus Dur ingin ngomong gini, tapi gak langsung, 'sampeyan tak gebuki sek sebelum jadi Ketua Umum PBNU', kira-kira gitu," imbuhnya.

Baca Juga: Sowan ke Cak Imin, Puan Kembali Rayu PKB Gabung ke Koalisi PDIP

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya