Sejarawan Ungkap Peran Soeharto di Serangan Umum 1 Maret 1949

Seoharto berperan memimpin pasukan menyerang ke arah Kuncen

Jakarta, IDN Times - Sejarawan Universitas Gadjah Mada, Sri Margana, menjelaskan peran Presiden ke-2 RI Soeharto di masa serangan umum (SU) 1 Maret 1949. Nama Soeharto sedang menjadi perbincangan karena tak masuk dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 tahun 2022.

Keppres itu diteken Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai penanda 1 Maret sebagai tentang Hari Penegakkan Kedaulatan Negara yang berlatar belakang peristiwa SU 1 Maret 1949.

"Memang belakangan ini ada protes, kenapa dalam Keppres Pak Harto tidak masuk, bahkan ada yang mengatakan menghilangkan peran Soeharto, itu tidak benar," ujar Margana dalam acara webinar bertema Memahami Keppres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara, Senin (7/3/2022).

Baca Juga: Mengulas Munculnya Sukarno dan Hatta di Keppres Serangan Umum 1 Maret

1. Jenderal Besar Sudirman berikan izin untuk lakukan serangan umum

Sejarawan Ungkap Peran Soeharto di Serangan Umum 1 Maret 1949Ilustrasi Jenderal Sudirman (IDN Times/Arief Rahmat)

Margana menjelaskan, ada banyak pihak yang terlibat dalam merancang serangan umum 1 Maret. Mulanya, Wali Kota Yogyakarta, Soedarisman Poerwokusumo pada 21 Februari 1949 dipanggil Sri Sultan Hamengkubuwono IX untuk membicarakan serangan umum di Kepatihan pada 28 Februari 1949.

Namun, Belanda menggerebek Kepatihan pada 22 Februari. Akibatnya, serangan mundur menjadi 1 Maret 1949.

Saat itu, Sri Sultan Hamengkubuwono IX meminta Letkol Soeharto untuk menjemput Jenderal Besar Soedirman ketika baru tiba di Yogyakarta. Singkat cerita, Jenderal Besar Soedirman juga memberikan restu untuk melakukan serangan 1 Maret 1949. Setelah itu, Soedarisman bersama Lettu Marsudi menetukan rumah-rumah yang akan ditempati para prajurit sebagai dapur umum.

Baca Juga: Nama Soeharto Tak Ada di Keppres, Sejarawan: Sudah Disebut 48 Kali

2. Ada peran Kolonel Bambang Sugeng dan Kolonel Gatot Subroto

Sejarawan Ungkap Peran Soeharto di Serangan Umum 1 Maret 1949Monumen Serangan Umum 1 Maret tampak depan (instagram.com/bangkumipa_)

Margana melanjutkan, Kolonel Bambang Sugeng, yang menjabat sebagai Komandan Divisi III, membantu konsep serangan umum 1 Maret dengan memberikan sejumlah siasat. Komandan Divisi II, Kolonel Gatot Subroto juga membantu dalam mencegaj pasukan Belanda yang ada di Solo untuk masuk ke Yogyakarta.

Kemudian, Kolonel TB Simatupang mengkonsepkan berita ke luar negeri dan mengumpulkan para intelijen untuk menyebarkan informasi. Mayor Sardjono dan Letkol Vince Samuel berjuang di garis depan dengan Belanda di Benten Vredeburg.

Kemudian Letkol Soeharto juga berperan sebagai pemimpin pasukan melakukan penyerangan dari arah Kuncen, Yogyakarta.

Baca Juga: Jenderal M. Jusuf di Tengah Pusaran Kontroversi Supersemar 1966

3. Soekarno-Hatta memiliki peran

Sejarawan Ungkap Peran Soeharto di Serangan Umum 1 Maret 1949Soekarno-Hatta (Website/kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id)

Margana juga menjelaskan, Presiden RI ke-1 Soekarno dan Wakil Presiden ke-1 RI Moh Hatta memiliki peran penting dalam serangan umum 1 Maret 1949 meski mereka sedang menjadi tahanan di Menumbing, Kepulauan Bangka Belitung.

"Walaupun mereka dipenjara, mereka tetap melakukan perjuanga-perjuangan atau langkah-langkah diplomasi melalui counter propaganda," imbuhnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya