Sejumlah Santri Dukung Gibran Jadi Cawapres, Apa Alasannya?

Gibran dinilai memiliki rekam jejak baik saat jadi wali kota

Jakarta, IDN Times - Sejumlah santri dari berbagai daerah mendukung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2024, Minggu (20/8/2023). Para santri yang berasal dari alumni pondok pesantren, alumni madrasah, jemaah majelis taklim, jemaah yasinan, dan majelis salawat, itu menamakan diri sebagai Relasi Gibran.

Koordinator Nasional Relasi Gibran, Abdul Fuad Amirul Adha, mendorong agar Mahakamah Konstitusi (MK) bisa mengubah batas usia minimal calon wakil presiden. Sehingga, Gibran bisa maju sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2024.

"Relasi Gibran adalah ikhtiar untuk harapan baru, agar Indonseia terus bangkit, Mas Gibran adalah pemimpin muda yang bisa merepresentasikan harapan generasi milenial " ujar Fuad dalam keterangannya yang diterima IDN Times, Senin (21/8/2023).

Baca Juga: Puan Pertimbangkan Gibran Jadi Cawapres Ganjar, Putra Jokowi Menolak

1. Kepemimpinan anak muda diperlukan

Sejumlah Santri Dukung Gibran Jadi Cawapres, Apa Alasannya?Sejumlah Santri Dukung Gibran Jadi Cawapres (IDN Times/Istimewa)

Fuad mengatakan, kepemimpinan anak muda di era digital diperlukan. Menurutnya, anak muda lebih bisa mengenal zaman dan berinovasi lebih cepat.

"Kepemimpinan di era sekarang perlu sosok seperti Mas Gibran, yang sejalan dengan semangat santri bahwa kemajuan zaman dengan berbagai teknologinya tak boleh menggerus budaya dan tradisi," ucap dia.

"Kami santri Indonesia akan mengkonsolidasi semua jaringan santri yang ada untuk mendukung mas Gibran," sambungnya.

Baca Juga: Ikut Pawai Pakai Seragam Petugas Parkir, Gibran: Gak Ada Pesan Khusus

2. Gibran memiliki rekam jejak baik saat jadi Wali Kota Solo

Sejumlah Santri Dukung Gibran Jadi Cawapres, Apa Alasannya?Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Fuad menilai, putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu memiliki rekam jejak yang baik saat menjadi Wali Kota Solo. Oleh karena itu, mereka berharap kepemimpinan Gibran dilanjutkan ke tingkat nasional.

"Kita membutuhkan harapan baru, harapan anak muda, harapan para santri. Harapan yang sudah teruji," kata dia.

Baca Juga: Soal Gibran Masuk Radar Bacawapres Ganjar, Jokowi: Tanya Bu Puan!

3. Relasi Gibran akan gelar sejumlah kegiatan

Sejumlah Santri Dukung Gibran Jadi Cawapres, Apa Alasannya?Sejumlah Santri Dukung Gibran Jadi Cawapres (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Fuad menerangkan, Relasi Gibran akan menggelar sejumlah kegiatan. Salah satunya, berencana menggelar Festival Salawat Nusantara untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAWA di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pada September 2023.

"Sudah tidak ada keraguan, kita harus menjadi bagian untuk mendukung Mas Gibran dan setelah ini kita akan melaksanakan deklarasi relasi Gibran untuk kemenangan Mas Gibran," imbuhnya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya