Sidang Komite Disiplin PDIP Rekomendasi Pecat Budiman Sejak Senin

Budiman mengaku dapat surat pemecatan pada Kamis (24/8/2023)

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Komarudin Watubun, mengatakan sidang komite dispilin PDIP sudah mengeluarkan rekomendasi pemecatan Budiman Sudjatmiko sejak Senin (21/8/2023). Menurutnya, rekomendasi itu sudah diberikan kepada DPP PDIP.

"Sidang komite dispilih sudah mengeluarkan rekomendasi kepada DPP sejak hari Senin," ujar Komarudin dilansir ANTARA, Jumat (25/8/2023).

"Jadi, tentang sanksi yang dijatuhkan bisa dicek saja di Sekretariat DPP," sambungnya.

Baca Juga: Resmi Dipecat PDIP, Budiman Sudjatmiko: Saya Menerima

1. Politikus PDIP beberkan alasan Budiman dipecat

Sidang Komite Disiplin PDIP Rekomendasi Pecat Budiman Sejak SeninPolitikus PDIP, Deddy Yevri Sitorus di depan TMP Kalibata (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Politikus PDI Perjuangan, Deddy Sitorus, mengatakan bahwa Budiman dipecat karena telah melanggar AD/ART partai.

"AD/ART, Peraturan Organisasi dan berbagai keputusan/rekomendasi yg dibuat dalam Rakernas Partai terkait disiplin kader dan organisasi," ujar Deddy kepada IDN Times, Jumat (25/8/2023).

Deddy menegaskan, semua kader PDIP yang melawan keputusan partai akan dipecat. Oleh karena itu, Deddy mengingatkan semua kader untuk taat terhadap keputusan organisasi.

"Kepada semua kader yang memilih melawan keputusan partai. Dan itu sama untuk semua kader, sama untuk pilkada, pilgub, pileg dan pilpres. Jadi dasarnya bukan soal dukung siapa, tetapi melawan keputusan organisasi," ucap dia.

2. Budiman menerima dipecat PDIP

Sidang Komite Disiplin PDIP Rekomendasi Pecat Budiman Sejak SeninPolitikus PDIP Budiman Sudjatmiko di Kopdarnas PSI. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Budiman mengaku sudah menerima surat pemecatan pada Kamis (24/8/2023) pukul 20.00 WIB.

"Betul, betul, betul. Sudah terima tadi jam 8 malam," ujar Budiman kepada wartawan.

Budiman mengaku tak masalah dengan pemecatan tersebut. Dia juga enggan berkomentar banyak.

"Ya, itu gak masalah, saya terima aja gak apa-apa. No comment. Jadi ini akhir dari sebuah periode, tapi mudah-mudahan bisa menjadi periode berikutnya," ucap dia.

3. Budiman sudah siap dengan tantangan baru

Sidang Komite Disiplin PDIP Rekomendasi Pecat Budiman Sejak SeninBudiman Sudjatmiko (IDN Times/Rochmanudin)

Dalam kesempatan itu, Budiman mengaku sudah siap dengan tantangan baru. Budiman juga berharap ada hal baik antara dirinya dan PDIP.

"Ya, tentu sudah siap dengan tantangan-tantangan baru dan saya mengalir saja bersama sejarah lah," imbuhnya.

Baca Juga: Habiburokhman: Gerindra Belum Terima Info Budiman Sudjatmiko Gabung

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya