Soal Perwira Polri Dikumpulkan di Istana, Ini Kata Kapolda Riau

Kapolda Riau enggan beberkan agenda pertemuan dengan Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden "Jokowi" Widodo memanggil Kapolri, Kapolda dan Kapolres seluruh Indonesia hari ini, Jumat (14/10/2022) di Istana Negara. Agenda pertemuan itu dijadwalkan pukul 14.00 WIB.

Kapolda Riau, M Iqbal membenarkan para perwira Polri yang dipanggil Jokowi ke Istana tak diizinkan membawa ajudan hingga handphone (HP).

"Kan memang gitu. Itu standar operasional prosedur gitu (dilarang bawa HP dan ajudan)," ujar Iqbal di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Menurutnya, para perwira Polri itu masuk ke dalam Istana Negara hanya membawa buku catatan saja.

Baca Juga: Jokowi Siap Panggil Kapolri di Istana: Besok Dengarkanlah

1. Enggan beberkan agenda pertemuan

Soal Perwira Polri Dikumpulkan di Istana, Ini Kata Kapolda RiauIlustrasi Gedung Mabes Polri (polri.go.id)

Meski demikian, Iqbal enggan membeberkan agenda pertemuan. Dia menyebut, semua Kapolda dan Kapolres dipastikan hadir.

"Gak tahu (agenda yang akan dibicarakan)," ucap dia.

Baca Juga: Bahas Kasus Ferdy Sambo, Komisi III DPR Panggil Kapolri Rabu

2. Kapolri dan pejabat utama Polri dilarang memakai penutup kepala dan tongkat

Soal Perwira Polri Dikumpulkan di Istana, Ini Kata Kapolda RiauKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu, 7 November 2021. (dok. Humas Polri)

Pemanggilan Kapolri dan jajaran direncanakan pukul 14.00 WIB di Istana Negara, Jakarta Pusat. Mereka yang dipanggil selain Kapolri adalah pejabat utama Mabes Polri, Kapolda, dan Kapolres seluruh Indonesia.

“Pakaian PDL tanpa tutup kepala dan tanpa tongkat,” tulis telegram.

Mereka yang dipanggil Presiden juga dilarang membawa ADC dan handphone, dan hanya diperkenankan membawa buku dan pulpen.

3. Perwira Polri bintang dua ke bawah akan menggunakan bus ke Istana

Soal Perwira Polri Dikumpulkan di Istana, Ini Kata Kapolda RiauIlustrasi Istana Kepresidenan Jakarta Pusat (IDN Times/Teatrika Putri)

Dalam telegram itu, juga diingatkan tentang lahan parkir yang terbatas di Istana. Sehingga para pejabat Polri dibatasi membawa kendaraan. Misalnya, perwira bintang tiga ke atas dapat memasuki Istana melalui pintu 1 Jalan Veteran.

“Untuk pati bintang dua ke bawah disiapkan kendaraan bus dengan titik kumpul di PTIK pukul 10.00 WIB,” tulis surat telegram.

Peserta yang hadir pun diutus untuk melakukan PCR terlebih dahulu yang difasilitasi Pusdokes Polri. Personel polisi yang hadir juga akan salat jumat di Gedung Krida Bhakti, Sekretariat Negara.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo belum mengonfirmasi terkait pemanggilan ini. Sementara, Kabag Humas Polri, Kombes Nurul Azizah menyebut dirinya belum menerima informasi tersebut.

“Saya tidak terinformasi,” ujar Nurul.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya