Soroti Kasus Lesti, KemenPPPA Minta Warga Speak Up soal Kekerasan

Warga bisa melapor jika mengalami kejadian KDRT 

Jakarta, IDN Times - Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang menimpa Lesti Kejora, yang dilakukan diduga oleh suaminya, Rizky Billar, turut menjadi sorotan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA), Bintang Puspayoga. Dia meminta kepada masyarakat untuk berani bersuara bila menjadi korban kekerasan.

"Terkait dengan KDRT yang lagi viral sekarang, kita tunggu proses yang sedang berjalan sekarang, tapi bagaimanapun juga jadi evaluasi kita bersama, bahwa pentingnya kita memberikan edukasi ke masyarakat yang kita mulai dari akar rumput, dari keluarga itu penting," ujar Bintang di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

"Sekarang kita imbau seluruh lapisan masyarakat, siapapun yang jadi korban harus berani speak up, memberikan keadilan kepada korban dan efek jera kepada pelaku. Sehingga, tidak terjadi kasus berulang," sambungnya.

Baca Juga: Tertangkap Kamera CCTV, 10 Momen Lesti Kejora Bawa Fatih Keluar Rumah

1. Hubungi call center KemenPPPA bila alami KDRT

Soroti Kasus Lesti, KemenPPPA Minta Warga Speak Up soal KekerasanIlustrasi kekerasan perempuan (IDN Times/Sukma Shakti)

Bintang mengimbau kepada masyarakat menghubungi call center Kementerian PPPA bila mengalami KDRT. Masyarakat bisa mengubungi nomor 129 dan WhatsApp di nomor 081111129129.

"Kita dorong untuk itu (masyarakat memberikan aduan), dan tidak hanya korban yang melihat, yang mendengar itu juga harus ikut peduli melaporkan terjadinya kekerasan," kata Bintang.

Baca Juga: Pengacara Bantah Rizky Billar Ingin Kuasai Harta Lesti Kejora 

2. Polisi naikkan status laporan KDRT Lesti kejora dari penyelidikan menjadi penyidikan

Soroti Kasus Lesti, KemenPPPA Minta Warga Speak Up soal Kekerasanlesty dan billar kdrt (instagram.com/lestykejora)

Sebelumnya, polisi telah menaikkan Kasus dugaan KDRT yang menimpa Lesti Kejora menjadi penyidikan. Status penyidikan itu didasarkan dari hasil gelar perkara yang dilakukan kepolisian dengan hasil visum dan pemeriksaan terhadap lima orang saksi.

Polisi sudah terbuka mengungkap status Rizky Billar di kasus dugaan KDRT terhadap Lesti Kejora. Rizky, hingga kini masih berstatus saksi. Kepastian tersebut disampaikan Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi.

3. Rizky Billar akan diperiksa pekan depan di kasus dugaan KDRT Lesti Kejora

Soroti Kasus Lesti, KemenPPPA Minta Warga Speak Up soal Kekerasankamar Rizky Billar (YouTube.com/Rizky Billar)

Kata Nurma, seperti disitat dari situs resmi Polda Metro Jaya, Minggu (9/10/2022), pihak Kepolisan masih akan menjadwalkan pemeriksaan Rizky Billar pekan depan. Sebab, terlapor tak hadiri panggilan pertama pada Kamis lalu (6/10/2022).

"Untuk sementara ini sudah dijadwalkan, kita sudah jadwalkan dari penyidik Minggu Depan," katanya.

"Untuk tanggal, nanti masih di penyidik. Itu domainnya penyidik. Jadi jadwalnya Minggu depan, tanggal dan harinya masih ada di penyidik nanti dilayangkan, segera, lebih cepat lebih baik," ujar dia.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya