Suhu Saudi Bisa 50 Derajat, Menag Minta Jemaah Haji Jaga kesehatan

Menag minta jemaah untuk tak memforsir kegiatan ibadah

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, meninjau langsung persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 di Arab Saudi. Yaqut mengatakan, cuaca di Arab Saudi saat ini sangat terik.

"Cuaca sangat panas. Hari ini, 40 derajat. Ini belum puncak. Beberapa hari lalu, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa suhu di Arab Saudi pada puncak haji bisa mencapai 48 hingga 50 derajat,” ujar Yaqut dilansir dari laman resmi Kemenag, Kamis (9/2/2024).

Baca Juga: 14 Embarkasi Keberangkatan Jemaah Haji, Kenali Kode dan Lokasinya

1. Menag minta jemaah haji jaga kesehatan

Suhu Saudi Bisa 50 Derajat, Menag Minta Jemaah Haji Jaga kesehatanMenteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, berada di Arab Saudi untuk mengecek persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2024 (dok. Kemenag)

Oleh karena itu, Yaqut meminta kepada jemaah haji untuk menjaga kesehatan. Menurutnya, kebugaran fisik sangat diperlukan untuk menjalankan rangkaian ibadah haji.

“Saya minta jemaah haji menyiapkan fisik sebaik-baiknya. Haji ini ibadah fisik. Siapkan fisik terbaik. Jangan terlau diforsir. Makan makanan bergizi, vitamin. Ini akan membantu jemaah dalam menjaga stamina,” ucap dia.

Baca Juga: 554 Kloter Jemaah Haji Sudah Tervisa, Terbang ke Saudi Mulai 12 Mei 

2. Ada petugas haji yang siap melayani jemaah haji 24 jam

Suhu Saudi Bisa 50 Derajat, Menag Minta Jemaah Haji Jaga kesehatanKedatangan Jemaah Haji 2023 Kloter Pertama pada Rabu (24/5/2023). (IDN Times/Sunariyah)

Meski demikian, Yaqut meminta jemaah tak khawatir. Apabila mengalami gangguan kesehatan atau masalah lainnya, bisa menghubungi petugas haji yang siap melayani selama 24 jam.

“Jangan khawatir. Kemenag sudah menyiapkan para petugas dengan Kemenkes yang akan terus melayani jemaah 24 jam. Jemaah jangan ragu menyampaikan hal apa pun kepada para petugas untuk bisa membantu jemaah,” kata dia.

3. Kemenag telah menetapkan istithaah kesehatan sebagai syarat pelunasan biaya haji

Suhu Saudi Bisa 50 Derajat, Menag Minta Jemaah Haji Jaga kesehatanKedatangan Jemaah Haji gelombang kedua di Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah (IDN Times/Sunariyah)

Untuk mencegah hal tidak diinginkan, Kemenag juga sudah menetapkan istithaah kesehatan sebagai syarat pelunasan biaya haji.

Selain itu, Kemenag juga sudah merilis senam haji yang bisa dilakukan oleh jemaah untuk menjaga kebugaran. Senam ini dibuat oleh para profesional di bidangnya. Sehingga, jemaah yang berusia lanjut juga bisa melakukannya.

Baca Juga: 554 Kloter Jemaah Haji Sudah Tervisa, Terbang ke Saudi Mulai 12 Mei 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya