Surya Paloh Ngaku Tak Pernah Tolak AHY Jadi Cawapres Anies

Ada ketum parpol yang tak setuju AHY jadi cawapres Anies

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, mengaku tak pernah menolak Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden (cawapres) Anies Bawedan. Surya mengatakan, kalau AHY sudah dianggap sebagai adiknya.

"Saya tidak pernah menyatakan tidak setuju kepada mas AHY, sungguh, saya harus katakan itu," ujar Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

"AHY sebagai seorang adik, dia muda, pemimpin muda yang saya harapkan the rising star nanti ke depannya, harusnya," sambugnnya.

Sebelumnya, anggota Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Sudirman mengatakan, nama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga sempat muncul menjadi cawapres Anies Baswedan.

"Capres telah melakukan tugas itu dengan membahas dengan berbagai pihak, me-review semua pilihan nama yang diusulkan. Setelah melalui proses penjajakan, pembahasan, dan eliminasi sampai pada kenyataan bahwa nama yang tersedia dan bersedia adalah Agus Harimurti Yudhoyono. Hal ini disampaikan kepada semua pimpinan partai dalam koalisi di bulan Juni 2023," kata Sudirman dalam keterangannya.

Meski demikian, ada ketua umum partai yang tak setuju dengan duet Anies-AHY. Namun, Sudirman tak menjelaskan siapa ketua umum partai itu.

"Pimpinan partai merespons secara beragam atas usulan ini. Pertama, ada partai yang berpandangan bahwa menyetujui dan meminta segera ditetapkan. Kedua, ada yang berpandangan bahwa tidak perlu terburu-buru menetapkan, tapi menunggu menjelang akhir pendaftaran sembari mengantisipasi bila ternyata muncul opsi nama lain," kata dia.

Baca Juga: Surya Paloh Temui Jokowi, Lapor NasDem Putuskan Duet Anies-Cak Imin

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya