Tepis Tudingan Ijazah Palsu, Jokowi Temui Teman Kuliahnya di UGM

Teman-temannya menceritakan sifat Jokowi semasa kuliah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hari ini, Minggu (16/10/2022), menemui teman masa kuliahnya di Universitas Gadjah Mada (UGM). Pertemuan itu dilakukan di kawasan Ambarukmo, Kabupaten Sleman, sekitar pukul 09.00 WIB.

Jokowi menemui teman masa kuliahnya itu seolah menjawab isu mengenai ijazahnya yang disebut palsu.

"Saya ke Yogya, kemudian mampir ke Ambarukmo, ketemu dengan teman-teman saya mahasiswa. Ada yang dulu di Perhutani, ada yang dosen, wiraswasta, di dinas, ini macam-macam. Pas hari ini kumpul ya saya ketemu, tapi saya juga hanya sebentar, ndak lama,” ujar Jokowi dalam keterangannya.

Baca Juga: Siapa Bambang Tri Mulyono yang Menggugat Jokowi soal Ijazah Palsu?

1. Jokowi melihat foto-fotonya semasa kuliah

Tepis Tudingan Ijazah Palsu, Jokowi Temui Teman Kuliahnya di UGMPresiden Jokowi temui teman masa kuliahnya di UGM (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyapa teman kuliahnya yang berasal dari berbagai daerah. Jokowi menerangkan, di pertemuan itu dia juga menyempatkan diri melihat foto-fotonya semasa kuliah dulu.

“(Saya melihat) foto-foto waktu wisuda, ada yang foto waktu di mapala (mahasiswa pecinta alam). Saya sendiri fotonya sudah hilang, tapi ternyata kawan-kawan masih simpan semuanya komplet,” ucap dia.

Dalam kesempatan itu, teman kuliah Jokowi bernama Tommy memperlihatkan momen orang nomor satu di Indonesia itu berwisuda. Jokowi wisuda pada 1985.

“Tahun 1985 ini foto waktu wisuda. Waktu itu Pak Jokowi wisudanya dengan beberapa teman angkatan, November 1985. Masuknya 1980, wisudanya 1985,” kata Tommy.

Baca Juga: UGM Pastikan Ijazah Jokowi Asli

2. Sifat Jokowi di mata teman kuliah

Tepis Tudingan Ijazah Palsu, Jokowi Temui Teman Kuliahnya di UGMPresiden Jokowi temui teman masa kuliahnya di UGM (dok. Sekretariat Presiden)

Tommy kemudian menerangkan sikap Jokowi semasa kuliah hingga kini. Menurutnya, sikap mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak ada perubahan, tetap sama.

“Pak Jokowi, selama dia mahasiswa dengan kondisi sekarang itu kurang lebih masih sama. Satu, tidak pernah marah, wise dia. Kalaupun kita gojekan (bercanda), ya sederhana saja gojekannya, bergurau saja. Kalau misalkan tersinggung enggak pernah marah, menasihati kita itu biasa,” ujar dia.

3. Jokowi disebut sebagai sosok disiplin dan pemersatu

Tepis Tudingan Ijazah Palsu, Jokowi Temui Teman Kuliahnya di UGMPresiden Jokowi temui teman masa kuliahnya di UGM (dok. Sekretariat Presiden)

Teman kuliah Jokowi lainnya, Bambang menerangkan, Jokowi merupakan sosok yang disiplin. Menurutnya, Jokowi tak pernah absen kuliah.

“Itulah yang saya ingat. Orangnya rajin, jadi waktu kuliah pun keluar izin cuma untuk salat,” ucap Bambang.

“Pak Jokowi itu pemersatu. Dulu kan ada kelompok-kelompok, ada HMI, GMNI, terus putih, tapi beliau yang menyatukan di wadah Silvagama terus naik gunung bareng-bareng. Itulah terus jadi kompak,” imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya