Ternyata, Ritual Penyatuan Tanah-Air di IKN Ide dari Presiden Jokowi

Jokowi terinspirasi dari lagu Indonesia Raya

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menggelar prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di titik 0 kilometer (km) Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022) pagi.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menjelaskan ritual gentong tersebut merupakan ide dari Presiden Jokowi. Menurutnya, tanah dan air dari 34 provinsi itu akan ditanam di titik 0 km IKN.

"(Ide) dari beliau (Jokowi), menandakan tanah dan air jadi tanah airku, kan kaya lagu Indonesia Raya," ujar Heru kepada wartawan, Senin (14/3/2022).

Baca Juga: Jokowi Gelar Prosesi Penyatuan Tanah dan Air dari 34 Provinsi di IKN

1. Penyatuan tanah dan air merupakan acara simbolik budaya

Ternyata, Ritual Penyatuan Tanah-Air di IKN Ide dari Presiden JokowiPekerja menyelesaikan persiapan jelang seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Sementara, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Wandy Tuturoong, mengatakan prosesi penyatuan tanah dan air itu merupakan acara simbolik budaya.

"Kegiatan simbolik seperti itu ada di mana-mana dalam budaya kita. Simbol itu bisa dimaknai macam-macam, yang penting kita melandasi dengan niat baik, untuk tujuan yang juga baik. Sebagai bangsa yang berbudaya, saya kira itu hal yang sudah berlangsung sejak lama," kata dia.

Baca Juga: Alasan Jokowi Gelar Ritual Penyatuan Tanah dan Air di IKN Nusantara

2. Penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di IKN sebagai bentuk kebhinekaan

Ternyata, Ritual Penyatuan Tanah-Air di IKN Ide dari Presiden JokowiProsesi penyerahan tanah dan air dari 34 provinsi di titik nol Ibu Kota Nusantara pada Senin (14/3/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih kepada para gubernur yang telah membawa tanah dan airnya ke titik nol kilometer IKN Nusantara. Menurutnya, prosesi ini sebagai bentuk kebhinekaan.

"Baru saja tadi tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur telah kita satukan di tempat yang akan menjadi lokasi Ibu Kota Nusantara, dan saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para gubernur. Ini merupakan bentuk dari kebhinekaan kita ,dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini," ujar Jokowi dalam prosesi penyatuan tanah dan air yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: [FOTO] Persiapan Kemah dan Ritual Kendi di Titik Nol IKN Nusantara

3. Membangun IKN Nusantara harus ada kolaborasi dari semua pihak

Ternyata, Ritual Penyatuan Tanah-Air di IKN Ide dari Presiden JokowiProsesi penyerahan tanah dan air dari 34 provinsi di titik nol Ibu Kota Nusantara pada Senin (14/3/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menerangkan, pembangunan Ibu Kota Nusantara ini harus ada kolaborasi dari semua pihak. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI-Polri, swasta, dan masyarakat.

"Ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud," kata Jokowi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya