Usai Bertemu Jokowi, Anggota Kongres AS dari Demokrat Bakal Ke IKN

Pertemuan itu juga bahas soal investasi

Jakarta, IDN Times - Lima anggota Kongres Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mengatakan ada sejumlah hal yang dibahas dalam pertemuan itu.

Usai pertemuan itu, kata Retno, lima anggota Kongres AS itu juga akan pergi ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (13/4/2023).

"Investasi secara keseluruhan dibahas, karena mereka dari Kongres bukan dari private sector, bukan dari executive bridge, tapi dibahas hanya menunjukkan komitmen AS untuk meningkatkan investasi di Indonesia cukup tinggi dan hari ini akan pergi ke Kalimantan dan besok akan mengunjungi Nusantara (IKN)," ujar Retno usai pertemuan, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga: Otorita IKN akan Wujudkan Pembangunan IKN Nusantara yang Kelas Dunia

1. Jokowi sampaikan komitmen Indonesia terhadap isu perubahan iklim

Usai Bertemu Jokowi, Anggota Kongres AS dari Demokrat Bakal Ke IKNPresiden Joko (Jokowi) Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan komitmen Indonesia terhadap isu perubahan iklim dan lingkungan. Menurut Retno, isu tersebut juga menjadi daya tarik dari anggota Kongres AS.

"Makanya, Bapak bicara dnegan data untuk menunjukkan bahwa kita telah achieved a lot of things di bidang climate change dan environment, termasuk mengurangi kebakaran hutan yang menurun lebih dari 80 persen. Itu yang disampaikan Bapak Presiden," kata dia.

Baca Juga: Pengusaha Tetap Bisa Berkontribusi dalam Pembangunan IKN

2. Jokowi sampaikan Indonesia ingin masuk dalam supply chain dunia

Usai Bertemu Jokowi, Anggota Kongres AS dari Demokrat Bakal Ke IKNPresiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Selain itu, kerja sama ekonomi juga dibahas dalam pertemuan itu. Jokowi menyampaikan Indonesia ingin menjadi bagian dari supply chain atau rantai pasok perekonomian dunia.

"Bapak Presiden menyampaikan keinginan Indonesia agar menjadi bagian dari supply chain dunia dengan AS. Masalah supply chain terakhir presiden menyampaikan kesiapan kerja sama untuk transisi energi termasuk melalui just energi transation partnership. Sudah ada uangnya 20 billion USD, bagaimana uang yang tersedia itu kita mengimplementasikanya untuk mendukung transisi energi," kata dia.

Baca Juga: Gubernur Isran Noor Pastikan Kaltim Mitra Strategis bagi IKN

3. Kongres AS sampaikan Indonesia semakin bersinar usai Presidensi G20

Usai Bertemu Jokowi, Anggota Kongres AS dari Demokrat Bakal Ke IKNPresiden Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo membuka acara KTT G20 Indonesia 2022 pada Selasa (15/11/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Retno menyampaikan, dalam pertemuan itu, Kongres AS menyampaikan apresiasi terkait dengan keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Presidensi G20 pada 2022 lalu. Menurut mereka, Indonesia semakin bersinar usai Presidensi G20.

"Kongres (AS) menyampaikan kembali apresiasi atas leadership Indonesia di G20, istilahnya mereka Indonesia is shining now dan mereka memberikan dukungan yang kuat terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN," imbuhnya.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya