Viral Jalan Lampung Diperbaiki Jelang Kedatangannya, Jokowi: Baik Dong

Jokowi ingin cek pembangunan infrastruktur di Lampung

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan berangkat ke Lampung pada Jumat (5/5/2023). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung kemudian memperbaiki sejumlah jalan yang rusak.

Hal itu kemudian viral karena Pemprov Lampung dianggap baru memperbaiki jalan di Lampung jelang kedatangan Presiden Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia itu mengaku tak masalah dengan apa yang dilakukan oleh Pemprov Lampung.

"Ya baik dong," ujar Jokowi di Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2023).

Baca Juga: Jalan Rusak Ngebut Diperbaiki Jelang Jokowi ke Lampung? Ini Kata Arinal

1. Jokowi kumpulkan data jalan di daerah yang rusah

Viral Jalan Lampung Diperbaiki Jelang Kedatangannya, Jokowi: Baik DongPresiden Joko "Jokowi" Widodo (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam Kesempatan itu, Jokowi mengaku baru mengumpulkan data mengenai jalan di daerah yang rusak parah. Jokowi menyebut, anggaran di daerah tak banyak digunakan dalam pembangunan infrastruktur.

"Jadi, kita baru mengumpulkan data-data, jalan-jalan kabupaten dan kota, jalan-jalan provinsi yang rusak parah, karena anggaran yang ada di provinsi maupun kabupaten/kota tidak banyak mengarahkan pada pembangunan infrastruktur, dan itu hal yang sangat penting sekali," ucap dia.

"Begitu jalanannya rusak, apalagi jalan provinsi, akan mengganggu yang namanya komoditas itu, mobilitas orang, mobilitas barang, biaya logistik akan naik. Sehingga barang itu tidak bisa bersaing dengan provinsi lain, daerah lain," sambungnya.

Oleh karena itu, Jokowi ingin memastikan mengenai pembangunan infrastruktur di Lampung berjalan atau tidak.

"Ini yang kita harus tahu semuanya, manfaat infrastruktur ada di situ, saya ingin memastikan mau lihat betul apakah yang ada di video, apakah yang ada di media itu benar atau gak benar," kata dia.

Baca Juga: Simsalabim! Jelang Jokowi ke Lampung, Lubang Jalan Rumbia Hilang

2. Penjelasan Gubernur Lampung soal perbaikan jalan dikebut

Viral Jalan Lampung Diperbaiki Jelang Kedatangannya, Jokowi: Baik DongGubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan pencanangan gerakan diversifikasi pangan dan ekspos Usaha, Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) Pangan Lokal, Rabu (19/8/2020). (IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menegaskan, aktivitas pembangunan dan perbaikan jalan sedang menggeliat baru-baru ini tidak terkait bakal agenda kunjungan Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo pada pekan ini.

Menurut Arinal, sejatinya proses lelang proyek pekerjaan jalan ramai dibahas di media sosial (medsos) sudah selesai ditenderkan. Anggaran disiapkan mencapai Rp750 miliar.

"Ini dalam rangka membangun jalan provinsi yang sudah kita anggap tidak bagus dan baru selesai tender. Jadi perbaikan itu semata-mata setelah tender, karena uang itu uang pemerintah harus dilakukan, bukan karena ada apa-apa (kunjungan presiden)," ujarnya saat diwawancarai di Hotel Golden Tulip, Kamis (4/5/2023).

3. Bakal usulkan penanganan perbaikan jalan ke Jokowi

Viral Jalan Lampung Diperbaiki Jelang Kedatangannya, Jokowi: Baik DongGubernur Lampung, Arinal Djunaidi melakukan peletakan batu pertama pada pembangunan Pusat Kajian Sawit da Tebu di Fakultas Pertanian Universitas Lampung (16/11/2022) (Humas Provinsi Lampung)

Meski perbaikan instruktur jalan itu tak berkaitan dengan kunjungan sang presiden, Arinal menyampaikan, nanti dirinya akan mengusulkan kepada Jokowi dan jajaran. Itu terkait langkah kongkret penanganan dari pemerintah daerah.

Selain itu, ia juga menyakini usulan perbaikan hingga pembangunan jalan tersebut mencakup jalan nasional, jalan provinsi, hingga jalan kabupaten di Lampung.

"Saya akan mengusulkan tidak ada lagi di Provinsi Lampung itu jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten. Mana jalan yang kurang bagus kita lakukan secara bersama dan itu sudah disepakati secara lisan," ucap Arinal.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya